Harapkan Ibu Rumah Tangga Proaktif Tangkal Narkoba

Harapkan Ibu Rumah Tangga Proaktif Tangkal Narkoba
Harapkan Ibu Rumah Tangga Proaktif Tangkal Narkoba

jpnn.com - BOGOR – Mengatasi penyalahgunaan narkoba tidak cukup dengan membasmi para gembong-gembong yang terus memasok narkoba ke Indonesia. Sebab, pemberantasan narkoba juga membutuhkan peran semua kalangan, terutama ibu rumah tangga.

Menurut Paulina G Padmo Hoedojo dari Tim Asistensi Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN), ibu rumah tangga berperan penting dalam membentuk membentuk kepribadian dan karakter anak. “Pelukan, senyuman dan arahan orang tua, terutama ibu, sangat penting dilakukan sebagai bentuk kasih sayang dan menumbuhkan harga diri anak. Penerapan pola hidup sehat juga dapat menghindarkan anak dari pengaruh buruk rokok dan narkoba,” ujarnya saat membuat membuka focus group discussion (FGD) bagi kader posyandu Kelurahan Kedung Halang, Bogor, Selasa, (9/9).

Menurut Paulina, keterlibatan ibu sangat penting karena anak yang sehat dan percaya diri akan mampu menolak pengaruh negatif dari lingkungan sekitar, termasuk penyalahgunaan narkoba yang semakin marak.

Sedangkan salah satu kader posyandu, A Nurul menilai peran orang tua juga dibutuhkan dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja yang notebene sedang mencari jatidiri.  Caranya adalah dengan menerapkan pola pengawasan dan kontrol.

Nurul mengatakan, orang tua dapat mendeteksi perubahan sikap dan perilaku anak yang mengarah pada kenakalan remaja. “Dengan langkah ini maka orangtua diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja,” katanya.(gir/jpnn)

 


Berita Selanjutnya:
KPK Banding, Atut Melawan

BOGOR – Mengatasi penyalahgunaan narkoba tidak cukup dengan membasmi para gembong-gembong yang terus memasok narkoba ke Indonesia. Sebab, pemberantasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News