Harga Beras Naik, Pemerintah Siapkan Operasi Pasar

Harga Beras Naik, Pemerintah Siapkan Operasi Pasar
Harga Beras Naik, Pemerintah Siapkan Operasi Pasar
JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu mengakui bahwa akhir-akhir ini telah terjadi peningkatan harga pangan khususnya beras. Menurutnya, hal itu disebabkan oleh gangguan terhadap faktor produksi, termasuk karena anomali cuaca.

Menurut Mari, pihaknya telah menentukan langkah-langkah dalam rangka menjaga kecukupan pasokan, stabilisasi harga, serta mengurangi atau mengimbangi dampak peningkatan harga bahan pangan terhadap masyarakat pendapatan rendah. Salah satunya dengan menggelar operasi pasar.

“Pemerintah akan melaksanakan Operasi Pasar (OP) Raskin ke-13 di seluruh wilayah yang membutuhkan. OP diintensifkan pelaksanaannya berdasarkan jenis beras yang dikonsumsi masyarakat setempat, misalnya OP Beras Premium untuk wilayah Jakarta,” ungkapnya di Gedung Kemendag, Jakarta, Rabu (5/1).

Selain itu dalam rangka kelancaran arus barang dan mengurangi disparitas harga, Kemendag akan  berperan dalam pengembangan sistem logistik nasional. Yakni  dengan menggabungkan sistem transportasi dan pembangunan daerah yang terintegrasi menjadi sebuah konektivitas nasional.

JAKARTA — Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu mengakui bahwa akhir-akhir ini telah terjadi peningkatan harga pangan khususnya beras.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News