Harga Berlian Langka di Lelang Rio Tinto Capai Jutaan Dolar

Harga Berlian Langka di Lelang Rio Tinto Capai Jutaan Dolar
Harga Berlian Langka di Lelang Rio Tinto Capai Jutaan Dolar

Setiap tahun selama 13 tahun terakhir, produsen dan pembuat perhiasan asal Perth, David Fardon, selalu menyiapkan diri untuk bertarung mendapatkan 'gelar' berlian paling langka dan paling berharga di dunia.

Pemilik toko perhiasan Linneys Jewellery ini adalah salah satu dari beberapa orang yang diundang untuk menghadiri Lelang Tahunan Berlian Merah Muda Argyle .

Dalam lelang ini, kolektor dari seluruh dunia akan menawar sejumlah berlian merah muda, merah dan ungu – batu permata yang sangat langka, yang kebanyakan tidak akan dijual di pasar terbuka.

Fardon mengatakan bahwa warna batu merah muda dari tambang East Kimberley milik Rio Tinto telah mengejutkan dunia berlian selama bertahun-tahun.

Namun sekarang dengan pertambangan tersebut akan ditutup tiga tahun lagi, lelang tahun 2017 ini lebih kompetitif dari sebelumnya.

"Ini adalah proses yang semakin kompetitif, yang menyenangkan untuk diikuti karena anda bisa melihat beberapa berlian paling langka di dunia," ujarnya.

"Dari produksi berlian Argyle, kurang dari 0,1 persen di antaranya berwarna merah muda, dan kemudian dari yang 50 sampai 60 batu terbaik ditawarkan melalui lelang.”

"Mereka bervariasi dalam harga, mulai dari beberapa yang mungkin akan mencapai ratusan ribu dolar, sampai beberapa yang mencapai jutaan dolar.”

Ingin tahu jenis berlian yang bernilai jutaan dollar tersebut? Klik saja disini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News