Harga Emas Merosot, Menghentikan Keuntungan 3 Hari Beruntun

Harga Emas Merosot, Menghentikan Keuntungan 3 Hari Beruntun
Harga emas merosot pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) dan menghentikan kenaikan tiga hari beruntun. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Harga emas merosot pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) dan menghentikan kenaikan tiga hari beruntun.

Logam kuning tertekan oleh greenback yang lebih kuat, sementara pasar menunggu lebih banyak sinyal tentang kebijakan moneter Federal Reserve dari data ekonomi utama Amerika Serikat minggu ini.

Namun, indeks USD yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya naik 0,68 persen menjadi 106,6810. USD menguat mengantisipasi pidato dari beberapa pembicara Fed, termasuk Ketua Jerome Powell pekan ini.

Presiden Federal Reserve Bank of New YorkJohn Williams mengatakan dalam pidato pada Senin (28/11) di Economic Club of New York bahwa suku bunga perlu naik lebih lanjut dan tetap tinggi hingga tahun depan tetapi dapat diturunkan selama 2024.

Williams memperkirakan pengangguran akan naik menjadi 4,5 persen hingga 5,0 persen pada akhir tahun depan dari 3,7 persen sekarang, dan inflasi melambat dari tingkat antara 5,0 persen hingga 5,5 persen pada akhir tahun menjadi 3,0 persen hingga 3,5 persen tahun depan.

Di sisi lain, MarketWatch, Presiden Fed St Louis James Bullard mengatakan Federal Reserve perlu menaikkan suku bunga sedikit lebih jauh dan kemudian menahannya di sana sepanjang 2023 hingga 2024 untuk mengendalikan inflasi dan menurunkannya kembali ke target bank sentral AS 2,0 persen.

Investor juga menunggu rilis serangkaian data ekonomi AS minggu ini, termasuk pembacaan PDB kuartal ketiga pada Rabu (30/11), indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) pada Kamis (1/12), dan data pekerjaan bulanan pada Jumat (2/12).

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember di Divisi Comex New York Exchange, tergelincir USD 13,70 atau 0,78 persen menjadi ditutup pada USD 1.740,30 per ounce, setelah diperdagangkan mencapai tertinggi sesi di USD 1.763,50 dan terendah di USD 1.738,20.

Harga emas merosot pada akhir perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) dan menghentikan kenaikan tiga hari beruntun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News