Harga Gas Industri Turun, PGN Bisa Kena Dampak

 Harga Gas Industri Turun, PGN Bisa Kena Dampak
PGN. Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com, JAKARTA - Desakan adanya permintaan untuk menurunkan harga gas industri belakangan ini diprediksi bisa memengaruhi kinerja dari PT PGN Tbk.

Hal tersebut disampaikan ekonom Bank Permata Josua Pardede, di Jakarta.

"Salah satu dampak negatif dari kebijakan ini (penuruhan harga gas, red) adalah dampaknya terhadap PGN yang selama ini menjadi supplier dari gas ini," kata Joshua.

Dia menjelaskan, adanya kebijakan ini akan mengakibatkan keuntungan dari PGN akan cenderung tergerus dan berdampak pada penilaian eksternal.

"Tetapi tergerusnya keuntungan PGN diperkirakan tidak akan berdampak pada kepercayaan investor pada perusahaan di Indonesia, mengingat model bisnis PGN yang cenderung berbeda dibanding perusahaan manufaktur swasta lainnya," sambungnya.

Model bisnis berbeda yang dimaksud Josua adalah dari sisi bagaimana harga dan kuantitas produk yang dijual cenderung bergantung pada kebijakan pemerintah.

"Berbeda dengan model bisnis pada industri manufaktur pada umumnya di mana harga dan kuantitas mengacu pada mekanisme pasar," tambah dia.

Di sisi lain, lanjutnya, apabila kelak harga dari sisi hulu cenderung turun, sedangkan harga hilir tetap, maka hal ini bisa menjadi kesempatan dari PGN untuk mendapatkan profit.

Tergerusnya keuntungan PGN diperkirakan tidak akan berdampak pada kepercayaan investor pada perusahaan di Indonesia mengingat model bisnis PGN yang cenderung berbeda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News