Harga Minyak Anjlok, APBN Tetap Surplus

Harga Minyak Anjlok, APBN Tetap Surplus
Harga Minyak Anjlok, APBN Tetap Surplus
JAKARTA — Turunnya harga minyak dunia dari level USD 146 pada 2008 menjadi USD 45 per barrel (2009, red) tidak akan menurunkan pendapatan pemerintah melalui Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Malahan diperkirakan akan ada surplus untuk tahun anggaran 2009.

“Surplus tersebut merupakan pendapatan sektor ESDM dikurangi subsidi BBM/LPG dan listrik. Dengan surplus ini diharapkan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia dalam menghadapi krisis finansial global,” ungkap Kepala Biro Humas DESDM Sutisna Prawira dalam rilisnya Kamis (29/1).

Untuk tahun anggaran (TA) 2009, dengan harga minyak dunia diasumsikan antara USD 40 - 60 per barrel, surplus pendapatan sektor ESDM diperkirakan antara Rp 86 triliun – Rp 99 triliun dengan total penerimaan antara Rp 140 triliun – Rp 217 triliun.

“Asumsi harga Indonesia Crude Price - ICP yang akan digunakan menunggu kesepakatan pemerintah dengan Komisi VII DPR,” cetus Sutisna mengutip pernyataan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro saat raker dengan DPR RI.

JAKARTA — Turunnya harga minyak dunia dari level USD 146 pada 2008 menjadi USD 45 per barrel (2009, red) tidak akan menurunkan pendapatan pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News