Harga Normal Kecuali Tomat dan Bawang Putih

Harga Normal Kecuali Tomat dan Bawang Putih
Pedagang di Pasar Barito Bahari Berkesan Ternate. Foto: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE – Memasuki kedua Oktober, harga sebagian besar komoditas pangan normal. Khusus tomat dan bawang putih mengalami penurunan harga.

Pantauan Malut Post (Jawa Pos Group) di Pasar Barito Bahari Berkesan Ternate kemarin (12/10), harga tomat yang pekan lalu naik ke angka Rp 10 ribu, pekan ini kembali turun ke posisi semula Rp 8.000 per kilogram. 

Begitu juga dengan bawang putih, turun dari Rp 45 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilogram. “Stok tomat dan bawang putih melimpah,” aku Ima, pedagang di pasar tersebut. 

Komoditi lainnya seperti bawang merah, cabai (rica) dan lemon harganya stabil. Untuk bawang merah harganya masih Rp 50 ribu per kilogram, rica halus Rp 45 ribu, rica nona Rp 35 ribu, dan rica keriting Rp 40 ribu per kilogram. Harga lemon cui (jeruk limau) Rp 29 ribu per kilogram. 

Sementara itu harga daging sapi yang pada akhir September naik menjadi Rp 125 ribu, kembali turun ke posisi normal Rp 110 ribu per kilogram. 

Menurut Anton pedagang daging sapi, harga daging sapi sempat naik karena pasokan ikan berkurang sehingga harganya tinggi. 

Warga kemudian berbondong-bondong membeli daging sapi, sehingga harganya naik. 

“Sekarang ikan sudah banyak, permintaan daging sapi turun,” jelasnya.  Penurunan juga terjadi pada daging ayam beku. Semula Rp 40 ribu, kini Rp 35 ribu per ekor. (tr-05/onk/sam/jpnn)


TERNATE – Memasuki kedua Oktober, harga sebagian besar komoditas pangan normal. Khusus tomat dan bawang putih mengalami penurunan harga. Pantauan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News