Harga Pertalite Naik, Kuota Subsidi Dinilai Bisa Tetap Terjaga

Harga Pertalite Naik, Kuota Subsidi Dinilai Bisa Tetap Terjaga
Seorang petugas SPBU mengisi bahan bakar Pertalite. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa mendukung rencana Pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite.

Salah satunya yakni karena harga jual Pertalite di bawah harga keekonomian. Padahal di sisi lain, jika dilakukan penambahan subsidi justru akan membuat beban anggaran meningkat.

Sinyal kenaikan harga BBM subsidi ini mencuat, setelah beban subsidi dan kompensasi energi dalam APBN 2022 membengkak hingga Rp 502 triliun.

“Kalau harga tidak naik sesuai keekonomian, maka Pemerintah tetap harus menambah subsidi. Sedangkan penambahan subsidi, terbentur kapasitas fiskal yang terbatas. Semakin besar subisidi, beban anggaran juga meningkat,” ujar Fabby.

Terlebih, saat ini praktik subsidi pada Pertalite justru banyak yang salah sasaran.

Dalam hal ini, banyak masyarakat mampu yang memiliki mobil justru turut menikmati Pertalite, yang merupakan BBM subsidi.

Di samping itu, Fabby juga mengingatkan agar Pemerintah berhati-hati karena kenaikan BBM subsidi, tentu berdampak terhadap inflasi dan daya beli masyarakat.

“Jadi memang bagi pemerintah, ini buah simalakama. Sama-sama pilihan yang sulit. Makanya, saya mendukung kenaikkan harga BBM dengan catatan pemerintah menyiapkan jaring pengaman sosial,” jelas Fabby.

Pemerintah diminta berhati-hati karena kenaikan BBM subsidi, yang berdampak terhadap inflasi dan daya beli masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News