Harga Pesawat Untuk SBY Rp 800 M

Mensesneg Tegaskan Ide Pembelian Pesawat Kepresidenan dari DPR

Harga Pesawat Untuk SBY Rp 800 M
Harga Pesawat Untuk SBY Rp 800 M
JAKARTA - Istana sepertinya gerah dengan ramainya pemberitaan “miring” soal rencana pembelian pesawat kepresidenan. Sampai-sampai, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi angkat bicara.

Menurut Sudi, ide pembelian pesawat yang akan dipergunakan untuk tugas-tugas Presiden dan Wakil Presiden justru muncul dari DPR-RI. Kendati begitu, istana menyatakan setuju atas rencana pembelian pesawat Boeing 737-800 tersebut. ”Ide itu sebenarnya muncul dari DPR. Tapi perlu kami sampaikan juga bahwa satu sen pun belum ada keluar uang negara untuk itu,” kata Sudi di Jakarta, Kamis (4/2).

Rencana pembelian pesawat khusus tersebut, kata Sudi, juga didasarkan pada pertimbangan bahwa jauh lebih murah membeli dibandingkan menyewa. “Setelah kami hitung-hitung, ide DPR itu ternyata benar. Lebih murah kita beli daripada menyewa,” beber Sudi.

orang dekat Presiden SBY itu merincikan, harga pesawat Boeing 737-800 harganya sekitar US$ 85,4 juta atau setara dengan Rp800 miliar. Angka ini berbeda sekitar Rp100 miliar bila menyewa selama lima tahun. Hitungannya, pertahun menyewa pesawat Garuda seharga Rp180 miliar untuk Presiden dan Wapres. Bila dihitung lima tahun berarti negara menghabiskan duit sekitar Rp900 miliar.

JAKARTA - Istana sepertinya gerah dengan ramainya pemberitaan “miring” soal rencana pembelian pesawat kepresidenan. Sampai-sampai, Menteri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News