Harga Sapi Tembus Rp36 Juta

Harga Sapi Tembus Rp36 Juta
Harga Sapi Tembus Rp36 Juta

jpnn.com - TEGAL - Jelang Hari Raya Idul Adha 1434 H, harga sapi naik antara Rp1 juta hingga Rp1,6 juta. Dengan begitu, harga sapi hidup untuk saat ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Seorang peternak penggemukan sapi di Jalan Timor Timur Panggung, Tegal Timur, Taip (55) mengatakan, untuk menghadapi Idul Adha, 15 Oktober mendatang, dia menyiapkan 8 ekor sapi jenis Simental. Sapi-sapi tersebut sudah dipelihara sejak 4 bulan lalu, dengan bobot antara 600 - 800 kilogram per ekor.

Kaitannya dengan harga, paling murah dengan ukuran sapi paling kecil, atau berat hidup 400 kg, sekarang mencapai Rp18 juta. "Harga sudah naik sejak awal bulan lalu," ujarnya ketika ditemui di kandang, kemarin (27/9).

Sementara untuk sapi lain yang ukuruannya lebih besar, yakni 600 - 800 kilogram, dibandrol Rp27 juta sampai Rp36 juta. "Harga disesuaikan  besar kecil atau bobot sapinya."

Menurut dia, kendati dijual dalam kondisi hidup, perhitungan harganya tetap menggunakan kiloan. Beberapa bulan lalu, harga sapi hidup per kilogram Rp41 ribu. Sekarang harga naik jadi Rp45 ribu per kilogram sapi hidup.

Dengan demikian, bila sapi hidup dengan bobot 600 kg, harganya Rp27 juta. Sedangkan bobot paling kecil, yakni 400 kg, sekarang harganya Rp18 juta. Kemudian yang bobotnya 800 kilogram harganya Rp36 juta.

Disebutkan, dari stok 8 ekor sapi yang ada sekarang, sambung dia, 2 ekor di antaranya terjual dengan harga Rp22 juta dan Rp35 juta. "Dua sapi ini, sudah dibeli sejak satu bulan lalu. Namun barang tetap dititipkan di sini, untuk diberi makan sampai pelaksanaan kurban mendatang," paparnya seraya  menuturkan, pada Idul Adha tahun lalu, dia menyiapkan 12 ekor sapi. Semuanya ludes terjual dengan harga Rp16 jutaan.

Sementara itu, Kasi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) Dinas Kelautan dan Pertanian Kota Tegal, drh Liza Atika menguraikan, menjelang Idul Adha, dinasnya melakukan pengecekan hewan kurban.

TEGAL - Jelang Hari Raya Idul Adha 1434 H, harga sapi naik antara Rp1 juta hingga Rp1,6 juta. Dengan begitu, harga sapi hidup untuk saat ini bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News