Harga TBS Sawit di Riau Naik Lagi, Begini Penjelasan Disbun

Harga TBS Sawit di Riau Naik Lagi, Begini Penjelasan Disbun
Harga TBS sawit di Riau naik lagi. Ilustrasi/Foto: Rizki Ganda Marito/jpnn.com

jpnn.com, PEKANBARU - Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit di Provinsi Riau sepekan ke depan mengalami kenaikan menjadi Rp 2.319,07 per kilogram.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Disbun Provinsi Riau Defris Hatmaja mengatakan tim penetapan harga TBS telah melaksanakan rapat penetapan pada Selasa (4/7).

Rapat tersebut ditetapkan harga TBS kelapa sawit penetapan minggu ke 03 periode 5 sampai dengan 11 Juli 2023 telah menggunakan table rendemen harga baru.

Hasil kajian dari PPKS Medan yang disepakati oleh Tim untuk harga tertinggi berada dikelompok umur 9 tahun sebesar Rp 92,30/Kg atau mencapai 4,08% dari harga minggu lalu.

“Sehingga harga pembelian TBS petani untuk periode satu minggu kedepan naik menjadi Rp 2.353/Kg dan berlaku untuk periode satu minggu kedepan, dengan harga cangkang berlaku untuk satu bulan kedepan dengan sebesar Rp 31,05/Kg,” kata Defris.

Pada periode ini indeks K yang dipakai adalah indeks K untuk 1 bulan kedepan yaitu 88,65%, harga penjualan CPO minggu ini naik sebesar Rp 375,60 dan kernel minggu ini naik sebesar Rp 432 dari minggu lalu.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa harga TBS sawit yang ditetapkan oleh tim untuk mitra swadaya mengalami kenaikan.

“Kenaikan harga minggu ini lebih disebabkan karena faktor naiknya harga CPO dan kernel,” lanjutnya.

Harga Tandan Buah Segar atau TBS sawit di Riau sepekan ke depan mengalami kenaikan menjadi Rp 2.319,07 per kilogram. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News