Harga Telur Ayam Melonjak, Ini Solusi dari Kementan

Harga Telur Ayam Melonjak, Ini Solusi dari Kementan
Harga telur naik. Ilustrasi FOTO: IRWANSYAH /SUMATERA EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) mengambil langkah konkret menyikapi naiknya harga telur ayam beberapa waktu terakhir. Bahkan, Kementan mengaku sudah punya solusi agar harga bisa kembali normal.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita mengatakan, solusi tersebut sudah disampaikan ke Perhimpunan Insan Perungasan Rakyat (Pinsar).

Sebagai langkah awal, pihaknya akan menghitung ulang kebutuhan telur dan ayam ras. Kemudian, berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan.

“Koordinasi dilakukan antara lain untuk mengkaji kembali harga acuan telur dan ayam ras tingkat produsen dan konsumen,” kata dia di kantor Kementan, Senin (16/7).

Dia lantas membantah pelarangan antibiotic growth promotor (AGP) berdampak pada penurunan populasi ayam ternak. Pasalnya, peternak sudah banyak melakukan substitusi pengganti untuk pemakaian AGP.

Diarmita mengakui bahwa memang terjadi lonjakan kebutuhan telur nasional pascalebaran tahun ini. Beberapa faktor penyebabnya antara lain adanya program Kementerian Sosial berupa Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT) dalam bentuk satu kilogram telur per keluarga miskin.

Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga memberikan bantuan berupa telur bagi warga DKI dengan menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Akibat kedua program tersebut, salah satu peternak menyebutkan bahwa pasokan telur dari sentra produksi yang semula satu rit, saat ini bisa tiga hingga empat rit.

Namun, Diarmita berjanji akan terus berkoordinasi dengan Pinsar untuk mendorong harga telur ayam agar secepatnya stabil.

Menyikapi harga telur ayam yang naik dratsis di hampir seluruh daerah, Kementan mengaku punya solusi untuk mengatasinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News