Harga Tiket Pesawat Melonjak 100 Persen

Harga Tiket Pesawat Melonjak 100 Persen
Harga Tiket Pesawat Melonjak 100 Persen

jpnn.com - BOGOR-Menjelang akhir tahun, tiket pesawat di sejumlah agen biro perjalanan di Kota Bogor mulai diburu pembeli. Karena bersamaan dengan momen Natal, Tahun Baru dan liburan sekolah tengah semester, permintaan tiket pesawat memang melonjak.

Hal itu berdasar pantauan Radar Bogor (Grup JPNN) di sejumlah agen biro perjalanan. Akibat tingginya permintaan, harga tiket pun melonjak hingga dua kali lipat dari harga normal. Bahkan, ada yang kenaikannya lebih dari 100 persen.

"Permintaan tiket sejak pekan lalu, cukup tinggi karena bertepatan pula dengan Natal dan pergantian tahun," kata salah seorang agen tiket Jasa Travel, Irmanita.

Dia mengatakan, menjelang akhir tahun ini, harga tiket penerbangan selalu melonjak, sehingga pihak travel menjual ke konsumen sesuai dengan perubahan harga yang ada.

Sebagai gambaran, tiket Jakarta ke Bali atau sebaliknya yang biasanya hanya sekitar Rp400.000, kini harus ditebus Rp800 ribu per kursi. "Begitu pula Bali ke Jakarta sudah mencapai Rp1,3 juta, padahal biasanya hanya Rp650.000 perorang," katanya.

Selama ini, Bali termasuk salah satu tujuan liburan favorit di akhir tahun, terutama untuk menikmati pergantian tahun.

Hal senada dikemukakan staf penjualan tiket M-Travel Cimanhpar, Sinta. Dia mengatakan, pada akhir tahun selalu terjadi peningkatan permintaan tiket. Sementara kapasitas kursi yang tersedia cenderung tetap.

"Kalaupun ada yang mendapatkan tiket murah, itu karena jauh-jauh hari sudah memesan atau membeli terlebih dahulu," katanya. Namun jika satu atau dua hari sebelum pemberangkatan, lanjut dia, rata-rata harga tiketnya sudah naik di atas 50 persen dari harga normal.(ram/c)

BOGOR-Menjelang akhir tahun, tiket pesawat di sejumlah agen biro perjalanan di Kota Bogor mulai diburu pembeli. Karena bersamaan dengan momen Natal,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News