Harga Tiket Pesawat Melonjak, Sekali Laga Away Rp 520 Juta

Harga Tiket Pesawat Melonjak, Sekali Laga Away Rp 520 Juta
Semen Padang FC promosi ke Liga 1 2018. Foto: IG semenpadangfc

jpnn.com, JAKARTA - Naiknya harga tiket pesawat dipastikan juga berdampak pada keuangan klub-klub Liga 1 Indonesia. Terlebih, kenaikan harga tiket melambung tinggi.

Harga tiket Surabaya-Jakarta yang biasanya tarif termurah hanya Rp 450 ribu hingga Rp 550 ribu, sempat melonjak hingga Rp 900 ribu.

Harga tersebut bahkan lebih mahal ketimbang harga tiket Surabaya-Kuala Lumpur Malaysia yang tarif termurah berkisar Rp 700 ribu. Belum lagi masalah biaya bagasi yang juga ikut melonjak. Bahkan beberapa maskapai menghapus kebijakan free bagasi.

Tentu naiknya tiket pesawat bakal dirasakan klub-klub Liga 1 Indonesia. Terutama bagi-tim-tim sperti Bali United, PSM Makassar, Perseru Serui, Persipura Jayapura serta Semen Padang yang laga away-nya harus melalui jalur udara.

Musim 2019 nanti, perjalanan terjauh akan di tempuh oleh Semen Padang serta Perseru Serui. Ya, Semen Padang sebagai satu-satunya tim dari Sumatra akan menjalani away yang cukup jauh menuju Serui yang terletak di ujung timur pulau Papua.

Itu pun tidak sekali jalan. Paling tidak mereka harus transit di Jakarta serta Makassar sebelum akhirnya mendarat di iak. Dari Biak menuju Serui pun masih harus di lalui dengan peswat. Nah, untuk masalah tarif tentu itu juga menjadi yang paling mahal.

Ongkos dari Padang ke Biak paling murah berkisar Rp 4,3 juta per kepala. Lalu dari Biak menuju Serui dipatok sekitar Rp 800 ribu per kepala. Total sekitar Rp 5,3 juta per kepela untuk sekali berangkat.

Apabila yang personel yang diberangkatkan minimal 25 orang, maka sekali jalan Semen Padang harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 132,5 juta.

Harga tiket pesawat naik tinggi, sejumlah klub Liga 1 akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk menjalani laga away.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News