Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, PHKT Gelar Rangkaian Kegiatan Pelestarian Lingkungan

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, PHKT Gelar Rangkaian Kegiatan Pelestarian Lingkungan
Puluhan siswa SD melepas burung ke udara dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional bersama PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur di Kebun Raya Balikpapan, Sabtu (28/10). Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, BALIKPAPAN - PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dari Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina berkolaborasi dengan Yayasan Lentera Konservasi Nusantara (eLKa) memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa nasional dengan mengadakan kegiatan, berupa trip edukasi lingkungan, penanaman pohon dan pelepasan satwa liar di Kebun Raya Balikpapan (KRB), Sabtu (28/10).

Kegiatan yang diikuti lebih dari 500 peserta dari 82 Sekolah Dasar (SD) ini bertujuan agar masyarakat dapat meningkatkan kepedulian, perlindungan, dan pelestarian puspa dan satwa nasional.

Manager HSSE Operations PHKT Rotua Elizabeth menyampaikan perusahaan mendukung kegiatan sebagai salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga kelestarian keanekaragaman hayati.

“Harapan kami, kegiatan ini dapat menjadi ajang edukasi bagi generasi penerus bangsa untuk lebih peduli dan mencintai puspa dan satwa sekitarnya,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga didukung oleh Pertamina (EP) Bunyu Field dan Tarakan Field, bersama PHKT yang bernaung di bawah Pertamina Subholding Upstream Zona 10.

Di awali dengan senam lingkungan, trip edukasi lingkungan dengan melalukan trekking pada jalur sepanjang 2 kilometer di KRB, penanaman pohon terap dan penyerahan anggrek hitam yang merupakan tanaman endemik Kalimantan, serta pelepasan satwa liar sebanyak 85 ekor burung jalak, kutilang, dan perkutut.

Ketua Yayasan eLKa Lukman Riyadi mengungkapkan kolaborasi ini menjadi salah satu upaya konservasi yang sangat bermanfaat bagi semua pihak.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan dampak positif dalam upaya konservasi dan pelestarian lingkungan secara berkelanjutan. Kami juga aktif dan terbuka dalam melaksanakan kegiatan konservasi dengan melibatkan instansi lainnya,” ujar Lukman.

PHKT gandeng Yayasan eLKa memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa nasional dengan mengadakan rangkaian kegiatan pelestarian lingkungan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News