Pertamina EP Sangasanga Field Dukung Kemandirian Pokdarwis Lestarikan Bekantan

Pertamina EP Sangasanga Field Dukung Kemandirian Pokdarwis Lestarikan Bekantan
PEP Sangasanga Field berhasil mengembangkan Kelompok Sadar Wisata dan Ekowisata (Pokdarwis) berbasis pelestarian bekantan di Sungai Hitam, Kalimantan Timur. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, SAMBOJA - PT Pertamina EP (PEP) Sangasanga Field mengusung program Sungai Hitam Lestari sebagai salah satu program unggulan Corporate Social Responsibility (CSR).

Berbekal dukungan dari PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) sebagai induk pengelolaan perusahaan, PEP Sangasanga Field berhasil mengembangkan Kelompok Sadar Wisata dan Ekowisata (Pokdarwis) berbasis pelestarian bekantan.

Hal inilah yang menjadi kunci utama dari keberlanjutan program Sungai Hitam Lestari, yaitu manusia dan lingkungan dapat hidup berdampingan.

Manager Communication Relations & CID PHI Dony Indrawan menjelaskan inisiasi program Sungai Hitam Lestari dilatarbelakangi kondisi habitat bekantan di Indonesia yang mulai berkurang dan beralih fungsi sejak 1990.
Ironisnya, sekitar 60 persen atau 29,500 kilometer persegi lahan habitat bekantan yang tersisa juga mengalami kerentanan karena keterjangkauannya dengan pemukiman, tambak, dan pertanian.

”Seiring meningkatnya populasi manusia dan tingginya mobilitas antardaerah, banyak habitat bekantan menjadi kawasan permukiman, tambak, dan perkebunan sehingga menyebabkan luasan area jelajah mereka semakin sempit,” ungkap Dony.

Menurut Dony, perusahaan berkomitmen untuk menjalankan program CSR yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Di program Sungai Hitam Lestari, kami menetapkan langkah untuk mencapai tujuan lima kesetaraan gender, tujuan 13 penanganan perubahan iklim, tujuan 15 ekosistem daratan, dan tujuan 17 kemitraan untuk mencapai tujuan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pokdawis Sungai Hitam Lestari, Aidil Amin mengungkapkan pada awalnya ia resah terhadap perubahan ekologis di kawasan Sungai Hitam.

PEP Sangasanga Field berhasil mengembangkan Kelompok Sadar Wisata dan Ekowisata (Pokdarwis) berbasis pelestarian Bekantan di Sungai Hitam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News