Hari Ini KPK Periksa Jero Wacik

Hari Ini KPK Periksa Jero Wacik
Hari Ini KPK Periksa Jero Wacik

jpnn.com - JAKARTA - Setelah batal pada pekan lalu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik rencananya diperiksa sebagai saksi kasus suap SKK Migas hari ini (2/12). KPK memiliki banyak pertanyaan yang ditujukan kepada politikus Partai Demokrat tersebut. Salah satunya soal kewenangan Jero selaku Menteri ESDM.

Jubir KPK Johan Budi S.P mengatakan, tidak ada pemberitahuan soal perubahan rencana pemeriksaan Jero. Itu berarti, kecil kemungkinan jadwal pemeriksaan akan diganti. Apalagi, sebelumnya Jero juga sudah memastikan untuk datang ke gedung KPK.

"Belum ada perubahan. Masih sesuai rencana, diperiksa untuk tersangka Rudi Rubiandini," ujar Johan Minggu (1/12).

Soal materi yang akan ditanyakan pada Jero hari ini, dia mengaku tidak tahu. Yang jelas, menteri dari Partai Demokrat itu dipanggil karena ada keterangan saksi atau tersangka yang perlu dikonfirmasikan kepada Jero.

Dari hasil pemeriksaan KPK, sedikitnya ada dua fakta yang harus diklarifikasi Jero. Mulai soal penemuan uang USD 200 ribu di ruangan Sekjen ESDM Waryono Karyo yang lantas disebutnya sebagai uang operasional kementerian. Lantas, dicegahnya ajudan Jero yang bernama I Gusti Putu Ade Pranjaya terkait kasus suap SKK Migas.

KPK belum membeberkan secara detail alasan larangan ajudan Jero bepergian ke luar negeri. Johan sendiri membantah bahwa pencegahan itu terkait adanya pertemuan Jero dengan Rudi yang disaksikan ajudan sebelum penangkapan mantan kepala SKK Migas tersebut.

"KPK tidak pernah menyampaikan adanya pertemuan antara RR (Rudi Rubiandini) dan Jero Wacik," urainya. (dim/bil/agm)


JAKARTA - Setelah batal pada pekan lalu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik rencananya diperiksa sebagai saksi kasus suap SKK


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News