Hari Terakhir, BLSM Dinilai Sukses

Hari Terakhir, BLSM Dinilai Sukses
Hari Terakhir, BLSM Dinilai Sukses

jpnn.com - JAKARTA - Hari ini merupakan penutupan resmi bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) yang diberikan oleh pemerintah pada masyarakat atas kenaikan harga BBM pada Juni lalu. Sejauh ini, pemerintah mengklaim bantuan sebesar Rp 150 ribu per bulan itu berhasil.

"Saya rasa sangat sukses ya dibandingkan dengan bantuan lainnya," ujar Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Dan Penanggulangan Kemiskinan, Kementerian Sosial, Hartono Laras Minggu (1/12).

Asumsi tersebut ia sampaikan setelah melihat jumlah keseluruhan dana yang telah berhasil disalurkan. Hingga kemarin, dana yang diberikan pada masyarakat tidak mampu selama empat bulan tersebut telah mencapai 97 persen. Capaian tersebut kemudian ia bandingkan dengan bantuan lainnya, seperti bantuan Raskin yang masih mencapai 92 persen dan bantuan siswa miskin (BSM) yang masih cukup rendah.

"Apalagi bantuan ini kan diberikan secara langsung tanpa perantara orang ketiga, dalam bentuk tunai lagi. Jadi saya rasa BLSM ini sangat sukses," ungkap Hartono.

Mengenai adanya beberapa bentuk protes terkait pembagian tersebut yang tidak tepat sasaran, Hartono menilai adanya protes tersebut pasti tidak mungkin dapat dipisakan. Namun sejauh ini, menurut dia, sebagian besar bantuan tersebut dapat tersalurkan dengan tepat.

"Meskipun ada beberapa daerah yang sulit dijangkau dan beberapa masyarakat yang masih belum mencairkan dana tersebut," jelas dia. Dari data yang dihimpun oleh timnya, diketahui ada sebanyak tiga persen dari penerima kartu perlindungan sosial (KPS) masih belum mencairkan dana BLSM hingga kemarin.

Ia mengaku masih belum jelas alasan mereka apa hingga kini belum melakukan pencairan. Namun dia mengungkapkan bahwa jika hingga waktu yang ditentukan masih belum dicairkan maka dana tersebut akan kembali ke APBN pemerintah.

"Meskipun tidak mendapat dana BLSM, mereka masih bisa menggunakan KPS untuk program bantuan lain. Seperti BSM dan Raskin tahun depan," kata dia.

JAKARTA - Hari ini merupakan penutupan resmi bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) yang diberikan oleh pemerintah pada masyarakat atas kenaikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News