Hari Ini Modifikasi Cuaca di Jabodetabek Dimulai

Hari Ini Modifikasi Cuaca di Jabodetabek Dimulai
Kepala Pusdatin dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo. Foto: Antara/Prisca Triferna

jpnn.com, JAKARTA - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dibantu TNI akan melakukan modifikasi cuaca di Jabodetabek mulai hari ini, Jumat (3/1). Langkah itu dilakukan untuk mengurangi intensitas hujan ekstrem yang menyebabkan banjir beberapa hari terakhir.

Kepala Pusdatin dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo mengatakan, penggunaan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk Jabodetabek telah diputuskan dalam rapat koordinasi (rakor) penanganan banjir Jabodetabek di Kantor BNPB pada Kamis (2/1).

"Hasil rakor penanganan banjir Jabodetabek di BNPB memutuskan untuk melakukan operasi TMC guna mengurangi jumah hujan yang jatuh di wilayah Jabodetabek," kata Agus, Kamis malam.

Dalam rakor tersebut, lanjut Agus, Kepala BNPB Doni Monardo telah memerintahkan BPPT dan TNI untuk segera memulai operasi tersebut pada Jumat ini.

"Setelah melakukan persiapan dan koordinasi, maka mulai besok Jumat (hari ini-red) operasi TMC akan dimulai," katanya.

Tim TMC pada hari ini direncanakan akan melakukan 4 sortie penerbangan, 2 sortie mulai jam 09.00 WIB dan 2 sortie pada siang hari. Komando operasi ini sendiri dipusatkan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta. (fat/jpnn)

Untuk mengurangi intensitas hujan ekstrem, BPPT dibantu TNI akan melakukan modifikasi cuaca di Jabodetabek.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News