Hari Ini Sejumlah Daerah Berpotensi Banjir, Waspada

Hari Ini Sejumlah Daerah Berpotensi Banjir, Waspada
BNPB peringatkan sejumlah daerah berpotensi banjir. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi bahaya banjir yang diperkirakan terjadi di beberapa wilayah pada Senin (19/7).

Dalam siaran pers yang diterima Minggu (18/7) malam, Abdul Muhari menyebutkan potensi bencana tersebut diperoleh berdasarkan analisis inaRISK dan analisis data impact based forecast dari BMKG.

Direktorat Peringatan Dini BNPB telah mengidentifikasi sejumlah wilayah dengan status waspada banjir di wilayah administrasi kabupaten dan kota hingga kecamatan.

Wilayah-wilayah yang berstatus waspada banjir tersebut dapat dipantau pada tautan "http://bit.ly/DiseminasiPD_19Juli2021"

Dari analisis yang dilakukan, BNPB menginformasikan, seperti Kabupaten Bogor, Ciamis, Cianjur, Tasikmalaya, Kota Bogor dan Pangandaran di Provinsi Jawa Barat yang berstatus waspada banjir.

Selanjutnya, Cilacap dan Banyumas di Provinsi Jawa Tengah dan Donggala di Sulawesi Tengah juga berada pada status sama.

Muhari menyebutkan sejumlah wilayah tersebut termasuk daerah dengan catatan historis banjir tertinggi berdasarkan Data dan Informasi Bencana Indonesia (DIBI).

Berkaitan dengan itu, BNPB meminta pemerintah daerah yang telah teridentifikasi untuk mengambil langkah-langkah antisipasi dan kesiapsiagaan.

BNPB mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi bahaya banjir yang diperkirakan terjadi di beberapa wilayah pada hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News