Hari Nusantara 2023: Ditjen Hubdat Siapkan Layanan Operasional Penyeberangan & Shuttle Bus

Hari Nusantara 2023: Ditjen Hubdat Siapkan Layanan Operasional Penyeberangan & Shuttle Bus
Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mempersiapkan layanan transportasi menjelang puncak Hari Nusantara 2023 di Tidore Kepulauan, Maluku Utara, pada Rabu (13/12). Foto dok Ditjen Hubdat

jpnn.com, TIDORE - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mempersiapkan layanan transportasi menjelang puncak Hari Nusantara 2023 di Tidore Kepulauan, Maluku Utara, pada Rabu (13/12).

Rangkaian kegiatannya telah dimulai sejak 10 Desember dengan pelaksanaan Nusantara Expo yang tersedia 100 booth dengan pengisi booth dari UMKM lokal dan Kementerian/Lembaga, Rumah Baca, Karnaval Budaya Nusantara, Permainan Tradisional, Bakti Sosial, Bakti Kesehatan hingga Pemecahan Rekor Muri Bakar/Makan Sate Ikan Terbanyak (26.000 tusuk).

Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat, Amirulloh menyampaikan, untuk aksesibilitas pengunjung pada rangkaian Hari Nusantara 2023, pihaknya menyiapkan tambahan operasional penyeberangan dan shuttle bus.

"Untuk penyeberangan, kami siapkan tambahan pada rute Bastiong-Rum, untuk saat ini pelayanan per hari sebanyak 3x PP (6 trip) dengan kapasitas layanan 300 orang dan 30 mobil per trip," ujar Amirulloh, Senin (11/12).

Ditjen Hubdat juga menyediakan shuttle bus untuk mobilitas masyarakat pengunjung dari dan ke Tidore.

Dukungan shuttle bus ini, sebanyak 10 kendaraan di Kota Ternate dan 20 kendaraan di Kota Tidore Kepulauan.

Terkait penyeberangan Ternate - Tidore untuk tamu VVIP dan VIP, Provinsi Maluku Utara menyiapkan speedboat sebanyak empat unit dengan kapasitas @25 orang dari Pelabuhan Residen (Kota Ternate) menuju Pelabuhan Goto Sarimalaha (Kota Tidore Kepulauan) pulang-pergi.

"Kemenhub menyiapkan Kapal Negara sebanyak dua unit dengan kapasitas @30 orang dari Pelabuhan Ahmad Yani (Kota Ternate) menuju Pelabuhan Trikora (Kota Tidore Kepulauan) (PP)," ujar Amirulloh.

Ditjen Hubdat juga berkolaborasi dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dalam menyediakan kapal latih dan kapal KSOP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News