Hari Pangan Sedunia 2020, Petani Muda dan Kementan Serukan Gerakan Berkebun

Hari Pangan Sedunia 2020, Petani Muda dan Kementan Serukan Gerakan Berkebun
Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama para dirjen saat memanen hasil kebun. Foto: Humas Kementan RI.

jpnn.com, JAKARTA - Petani muda sekaligus pendiri kebun belajar Kumara Siti Soraya Cassandra mengajak kalangan muda Indonesia untuk menekuni perkebunan kota (urban farming).

Bagi perempuan yang beken disapa dengan panggilan Sandra ini, berkebun berarti mendekatkan diri kepada makanan sehat dan menaruh sikap empati terhadap petani sebagai pahlawan pangan.

"Dengan kita berkebun maka kita adalah orang yang sadar untuk menaruh empati terhadap perjuangan para petani. Berkebun juga membuat kita bisa memilah makanan yang sehat untuk kita konsumsi sehari-hari," kata Sandra dalam diskusi Hari Pangan Dunia 2020 yang bertajuk Food Heroes Day pada Sabtu (31/10).

Menurutnya, berkebun adalah satu-satunya cara bagi manusia agar selalu hidup berdampingan dengan alam. Hal ini bahkan sudah mengakar dalam budaya Indonesia.

"Kedekatan manusia dengan alam itu adalah sesuatu yang sangat berakar di nusantara. Bahkan dari dulu orang tua kita selalu mengajarkan untuk merawat alam. Itulah kenapa kita jadikan kebun sebagai sebuah gerakan. Kita ingin semua orang kembali pada budaya kita yang dulu, yaitu berkebun," tuturnya.

Sandra mencontohkan bahwa saat ini Kebun Kumara mampu memenuhi kebutuhan dapur serta asupan serat sayur dari sebuah lahan sempit di tengah pesatnya pembangunan Kota Tangerang. Tempat itu juga bisa jadikan sebagai area belajar bagi semua orang yang ingin berkebun di rumahnya masing-masing.

"Saya percaya, berkebun itu mendekatkan diri pada makanan sehat. Kita bisa menanam berbagai jenis tanaman sehat untuk daya tahan tubuh kita sendiri," ucap Sandra optimistis.

Senada, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri mendukung gerakan berkebun untuk memenuhi asupan gizi sehat masyarakat Indonesia.

Berkebun berarti mendekatkan diri kepada makanan sehat dan menaruh sikap empati terhadap petani sebagai pahlawan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News