Hari Pertama, Belum Ada Parpol Daftarkan Caleg ke KPU Batam

Hari Pertama, Belum Ada Parpol Daftarkan Caleg ke KPU Batam
Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, BATAM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) hari ini. Hingga penutupan hari pertama dibuka, belum ada satu partai politik yang mendaftarkan bacaleg mereka ke Kantor KPU Batam di Sekupang.

Komisioner Bidang Teknik, KPU Batam Zaki Setiawan mengatakan prediksi pendaftaran akan ramai memasuki minggu terakhir nanti. Sudah menjadi kebiasaan parpol mendaftar di akhir-akhir waktu penutupan.

"Hari pertama ini tak ada yang datang. Mungkin mereka masih menggodok bacaleg yang akan didaftarkan," kata dia, Rabu (7/4).

Sebelum mendatangi KPU Batam, parpol harus mendaftarkan bacaleg mereka ke sistem infomasi pencalonan (Silon) KPU. Setelah itu menyerahkan berkas untuk verifikasi berkas.

"Masih ada waktu hingga 17 Juli mendatang. Kami berharap mereka bisa daftar lebih awal," ujar Zaki.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Nasdem Batam, Amsakar Achmad mengatakan masih menunggu pematangan dari Dewan Pimpinan Partai (DPP) Nasdem untuk nama-nama bacaleg yang akan diajukan. Hingga saaat ini ada lebih dari 100 orang yang mengajukan diri sebagai bacaleg.

"Ini masih proses. Rencananya kami akan ajukan 50 nama ke KPU Batam," sebut Amsakar saat di jumpai di Sekupang.

Dia menyebutkan jumlah pengajuan bacaleg di Nasdem cukup banyak. Misalnya untuk Batamkota kebutuhan hanya 12 orang yang mengajukan mencapai 26 orang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News