Hari Pertama Karya Nyata Festival Vol.6 Pekanbaru, UMKM Pertamina Bukukan Transaksi Rp 1,2 Miliar

Hari Pertama Karya Nyata Festival Vol.6 Pekanbaru, UMKM Pertamina Bukukan Transaksi Rp 1,2 Miliar
Pertamina mendukung lebih 66 ribu UMKM, termasuk yang dimiliki perempuan dan beroperasi dalam bisnis ramah lingkungan. Foto: Dokumentasi Humas Pertamina

jpnn.com, PEKANBARU - PT Pertamina berhasil membukukan transaksi hingga Rp1,2 miliar di hari pertama gelaran Karya Nyata Festival (KNF) Vol.6 di lapangan Aero Sport Kota Pekanbaru, pada 26-28 April 2024.

“Transaksi di hari pertama (Jumat 26/4) senilai Rp1,2 miliar, berasal dari penjualan produk UMKM, juga berasal dari MoU antara UMKM Riau dengan organisasi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Malaysia, serta MoU dengan PT Medan Bioenergy,” ujar CEO Muda Rumah BUMN Riau, Dian Pratomo.

Menurut Dian, kerja sama dengan PT Medan Bioenergy merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina melalui Rumah BUMN terhadap lingkungan.

"Kami membuat program RB Energy (Renewable Bio Energy). Kami mengumpulkan limbah minyak jelantah dari para UMKM binaan Rumah BUMN Pekanbaru, Dumai, dan Kep. Meranti yang bergerak di bidang kuliner," tutur Dian.

“Melalui Festival KFN Vol.6 ini, kami ingin mensosialisasikan program RB Energy, sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat termasuk didalamnya para pelaku UMKM, bahwa pelestarian lingkungan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab kita semua,” imbuhnya.

Dirancang untuk memberdayakan dan mempromosikan produk UMKM, kegiatan ini menjadi platform bagi pelaku usaha untuk memamerkan produk unggulannya, berinteraksi dengan pembeli potensial, serta memperoleh wawasan tentang tren dan praktik terbaik dalam bisnis berkelanjutan.

Hal ini sejalan dengan tema Karya Nyata Festival Vol.6, yaitu 'Energizing Sustainable Enterprise'.

Selama tiga hari penuh, KNF Vol.6 menggelar pameran produk unggulan dari 105 UMKM binaan BUMN, termasuk makanan, minuman, dan kerajinan tangan.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program SDGs.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News