Hari Pertama MotoGP Prancis: Honda-Ducati Tinggalkan Yamaha

Hari Pertama MotoGP Prancis: Honda-Ducati Tinggalkan Yamaha
Tiga rider Yamaha, Maverick Vinales (25), Johann Zarco (5) dan Valentino Rossi. Foto: Crash

jpnn.com, LE MANS - Honda dan Ducati menguasai dua sesi latihan bebas di hari pertama MotoGP Prancis, Jumat (18/5) kemarin.

Jagoan Ducati Andrea Dovizioso memecahkan rekor lap di sirkuit sepanjang 4,273 kilometer tersebut saat menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas kedua (FP2) tadi malam. Catatan waktunya satu menit 31,971 detik di tengah sesi sejatinya sudah cukup membabat rekor lap yang dibukukan Jorge Lorenzo pada 2016. Catatan waktu Dovi lebih cepat 0,004 detik.

Kemudian Dovi sukses menajamkan catatan waktunya lagi menjadi 1 menit 31,936 detik. Hanya Dovi yang mampu menembus batas waktu satu menit 32 detik pada latihan hari pertama kemarin. Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pembalap yang paling dekat jaraknya dengan Dovi. Sampai akhir FP2 sang juara bertahan berada di posisi kedua dengan selisih 0,168 detik.

Tiga pembalap Yamaha tampak mengalami kemajuan dibandingkan dengan seri sebelumnya di Jerez. Valentino Rossi mampu memperbaiki catatan waktunya cukup signifikan di akhir sesi untuk mengamankan posisi ketiga. Selisihnya dengan Dovi adalah 0,243 detik. Disusul Maverick Vinales di posisi keempat dan Johann Zarco (Tech3-Yamaha) di urutan kelima.

Sejak FP1 Marc Marquez sudah mengirimkan sinyal bahaya kepada lawan-lawannya. Motor Honda yang di atas kertas tak terlalu cocok dengan Sirkuit Bugatti, Le Mans tampil menjadi yang tercepat. Dovi juga sudah membuntuti dengan sangat dekat. Jaraknya lebih dekat dari Marquez di FP2. Yakni 0,025 detik.

Dovi tampak sangat termotivasi dengan perpanjangan kontraknya dengan Ducati. Setelah melewati proses negosiasi cukup alot, akhirnya pabrikan Italia itu mengumumkan perpanjangan kontrak runner up MotoGP 2017 tersebut. Setidaknya Dovi bakal berseragam merah hingga dua musim ke depan, 2019-2020.

Dovi disebut-sebut telah menjalin komunikasi dengan Honda dan Suzuki. Namun, Kamis (17/5) sebelum pengumuman resmi kemarin, pembalap 32 tahun tersebut menyatakan perpanjangan kontraknya tinggal menunggu waktu. ''Saya rasa mengalahkan (Marc) Marquez dengan motor yang sama (Honda) sangat sulit,'' ujarnya.

Ducati belum mengumumkan pembalap yang bakal jadi pendamping Dovi musim depan. Namun kedua pembalap Pramac, Danilo Petrucci dan Jack Miller menjadi kandidat terkuat andai Lorenzo memilih hengkang ke Suzuki. Walaupun, Lorenzo sendiri menyiratkan keinginannya bertahan di Ducati.

3 Rider Yamaha mengalami kemajuan di hari pertama latihan MotoGP Prancis, dibandingkan di seri Jerez. Namun, masih kalah cepat dari pembalap Honda dan Ducati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News