Hari Pertama Peniadaan Mudik, Sebegini Jumlah Pergerakan Penumpang di 15 Bandara Angkasa Pura I

Sabtu, 08 Mei 2021 – 09:10 WIB
Hari Pertama Peniadaan Mudik, Sebegini Jumlah Pergerakan Penumpang di 15 Bandara Angkasa Pura I - JPNN.com
Terminal Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Foto: Fikri Yusuf/Antara

jpnn.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan kegiatan operasional 15 bandara yang dikelolanya pada hari pertama masa peniadaan mudik, Kamis 6 Mei 2021 berjalan lancar dan sesuai prosedur transportasi pada masa peniadaan mudik, seperti yang tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 13 Tahun 2021.

Di mana hanya penerbangan yang dikecualikan yang boleh dilakukan.

Adapun penerbangan dikecualikan yang bisa dilakukan pada masa peniadaan mudik tersebut yaitu transportasi udara yang digunakan untuk pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu kenegaraan; perwakilan negara asing dan perwakilan organisasi internasional.

Kemudian operasional penegakan hukum dan pelayanan darurat, operasional kargo, operasional angkutan udara perintis, operasional angkutan udara untuk keperluan mendesak untuk kepentingan nonmudik seperti perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka keluarga meninggal, dan ibu hamil.

"Kami pastikan penerbangan yang dilakukan pada masa peniadaan mudik ini adalah hanya penerbangan yang dikecualikan. Kami mendukung penuh kebijakan pemerintah untuk mengimbau masyarakat tidak mudik pada masa peniadaan mudik dan setelah masa peniadaan mudik. Hal ini penting agar pandemi bisa dikendalikan," ujar Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan.

Menurut Handy, pada hari pertama masa peniadaan mudik, hanya terdapat 6.853 pergerakan penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I.

"Jumlah tersebut jauh di bawah rata-rata trafik penumpang harian April lalu yang sebanyak 87.872 pergerakan penumpang atau atau minus (-) 92 persen," jelasnya.

Sementara itu trafik pesawat pada hari pertama peniadaan mudik sebanyak 288 pergerakan pesawat dan 770.851 kg kargo.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...