Hari Pertambangan ke-78, Transformasi MIND ID Perkuat Hilirisasi di Indonesia

Hari Pertambangan ke-78, Transformasi MIND ID Perkuat Hilirisasi di Indonesia
Hari Pertambangan ke-78 yang mengangkat tema Energi Masa Depan Negeri ini, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus mengeksplorasi dan menjaga SDM. Foto: dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - Hari Pertambangan ke-78 yang mengangkat tema Energi Masa Depan Negeri ini, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus mengeksplorasi dan menjaga sumber daya untuk kemajuan Indonesia.

Sekertaris perusahaan MIND ID Heri Yusuf kembali mengingat sejarah MIND ID yang didapuk sebagai pusat dari pertambangan di Indonesia.

MIND ID resmi memiliki nama usaha PT Mineral Industri Indonesia seusai spilt off dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum.

Heri menuturkan mulanya, Holding Industri Pertambangan resmi dibentuk dengan menggunakan entitas PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) pada 2017.

Saat itu, Inalum berperan sebagai induk perusahaan yang memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia, yaitu PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, serta pada 2018, PT Freeport Indonesia yang bergabung ssecara mayoritas saham 51,23 persen milik pemerintah Indonesia melalui holding BUMN tambang MIND ID.

Split off itu dilakukan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 45 Tahun 2022 tentang Pengurangan Penyertaan Modal Negara pada PT Indonesia Asahan Aluminium.

Heri menyebut pemisahan ini justru akan lebih mengakselerasi kontribusi holding industri pertambangan kepada Indonesia.

"PT Inalum kini sejajar dengan anggota MIND ID lainnya dengan tujuan agar MIND ID lebih fokus pada strategic holding company, sementara INALUM akan fokus pada pengembangan hilirisasi aluminium nasional," ujar Heri Yusuf.

Hari Pertambangan ke-78 yang mengangkat tema Energi Masa Depan Negeri ini, BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID terus mengeksplorasi dan menjaga SDM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News