MIND ID Pasang Target, SGAR Mempawah Rampung 2024

MIND ID Pasang Target, SGAR Mempawah Rampung 2024
Anggota MIND ID, PT Inalum menargetkan bisa segera merampungkan pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Fase I di Mempawah, Kalimantan Barat. Foto: dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - MIND ID menyatakan hilirisasi industri pertambangan masih membutuhkan dorongan dan kerja keras agar bisa secepatnya terealisasi. Oleh karena itu, membutuhkan komitmen yang kuat.

Salah satu upaya meningkatkan proses hilirisasi yakni dengan mempercepat pembangunan pabrik peleburan atau smelter.

BUMN Holding Industri Pertambangan itu melalui anak perusahaannya, PT Inalum menargetkan bisa segera merampungkan pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Fase I di Mempawah, Kalimantan Barat pada semester II 2024 mendatang.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan pembangunan proyek SGAR fase I yang dimulai pada 2019 tersebut rencananya bisa rampung dan mulai beroperasi pada 2023.

Namun, kini target penyelesaian pabrik pengolahan bijih bauksit jadi alumina--bahan dasar aluminium, tersebut ditargetkan selesai pada semester II 2024.

Pengerjaan proyek pembuatan pabrik peleburan bauksit menjadi alumina tersebut kini sudah mencapai 58 persen dan ditargetkan menyentuh 80 persen masa konstruksi pada akhir 2023 nanti.

Setelah SGAR Mempawah fase I rampung, target operasi komersial akan mulai berjalan efektif pada 2025.

Heri menyebut alumina yang dihasilkan SGAR Mempawah fase I tersebut nantinya bakal menjadi bahan baku smelter aluminium milik anggota Grup MIND ID, PT Inalum di Kuala Tanjung berkapasitas mampu menampung alumina hingga 1 juta kilo ton per annum (KTPA).

Anggota MIND ID, PT Inalum menargetkan bisa segera merampungkan pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Fase I di Mempawah, Kalimantan Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News