Hari Sumpah Pemuda, Menpora Dito: Gotong Royong dan Tolong Menolong Menuju Indonesia Emas

Hari Sumpah Pemuda, Menpora Dito: Gotong Royong dan Tolong Menolong Menuju Indonesia Emas
Menpora Dito Ariotedjo. Foto: Kemenpora.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo hadir dalam acara puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 2023 yang diselenggarakan di Monumen Nasional (Monas), Sabtu (28/10/2023).

Puncak perayaan HSP dimulai dengan pertunjukan marching band, tari tradisional, pemberian penghargaan kepemudaan. Kemudian Menpora Dito memimpin langsung deklarasi komitmen serta Sumpah Pemuda.

Setelah itu, Menpora Dito memaparkan bahwa tujuan peringatan sumpah pemuda ini adalah membahas tujuan pembangunan pemuda yang krusial dalam meningkatkan kualitas daya saing pemuda dan karakter kebangsaan sebagai jati diri bangsa.

Menpora Dito berpesan agar pemuda memperkuat karakter gotong royong dan tolong menolong yang sudah menjadi jati diri bangsa Indonesia.

"Pemuda-pemudi adalah aset berharga dalam membangun masa depan bangsa, dan melalui pembangunan yang berkelanjutan, kita dapat memastikan peningkatan kualitas hidup segenap bangsa Indonesia," kata Menpora Dito.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, pada 2045 mendatang Indonesia akan menghadapi era bonus demografi. Bonus demografi yang dimaksud adalah masa di mana penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibanding usia nonproduktif (65 tahun ke atas) dengan proporsi lebih dari 60% dari total jumlah penduduk Indonesia.

Momentum tersebut, kata Menpora Dito tentu saja harus dihadapi dengan perencanaan yang matang. Oleh karenanya, pembangunan pemuda adalah sumpah dan tanggung jawab semua pihak.

"Tugas sejarah kita untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Maka dari itu, mari sama-sama kita mengoptimalkan modal bonus demografi menjadi Indonesia Emas 2045," kata Menpora Dito.

Menpora Dito Ariotedjo hadir dalam acara puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tahun 2023 yang diselenggarakan di Monas, 28 Oktober 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News