Harry A Poeze, 4 Dasawarsa Memecahkan Misteri Tan Malaka

Belum Berniat Berhenti Meneliti, Selalu Bertemu Misteri Baru

Harry A Poeze, 4 Dasawarsa Memecahkan Misteri Tan Malaka
Harry A Poeze dengan bukunya tentang Tan Malaka. Foto : M Ramli/Jawa Pos
Tak banyak peneliti yang menggeluti tokoh di negeri ini untuk dijadikan obyek penelitian. Namun sejarawan Belanda, Harry A Poeze, menjadi segelintir ilmuwan yang terus berkutat meneliti tentang Tan Malaka. Hampir empat dasa warsa Harry berupaya memecahkan berbagai misteri tentang Tan Malaka.


======================
  Ayatollah Antoni, Jakarta
======================

MILK coklat mengawali perbincangan Harry A Poeze dengan JPNN, beberapa waktu lalu. Ditemui di kantor Yayasan obor, Jalan Plaju, Jakarta Pusat, pria yang akrab disapa dengan nama Harry itu masih disibukkan dengan agenda diskusi di beberapa kota tentang tiga jilid buku berjudul Tan Malaka, Gerakan Kiri dan Revolusi Indonesia.

Namun pemilik nama lengkap Harry Albert Poeze yang dikenal rendah hati itu masih sempat meluangkan dua jam waktunya untuk meladeni pertanyaan-pertanyaan tentang ketekunannya meneliti Tan Malaka. Secara telaten, Harry pun menuturkan awal perkenalannya dengan Tan Malaka.

Berawal dari kuliah di Universitas Amsterdam tahun 1970, Harry mendapat kurikulum sejarah Indonesia. Ketertarikan dalam hal sejarah perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme Belanda, mengantar Harry pada buku tentang Kemunculan Partai Komunis di Indonesia karya Ruth T McVey. "Ada tokoh-tokoh disebut dalam buku itu, termasuk Tan Malaka. Tapi soal Tan Malaka itu paling misterius," ucap Harry.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News