Hartawan Setjadiningrat, Pengusaha dengan Koleksi 63 Mobil Antik

Yang Tertua Didapat dengan Menjebol Tembok

Hartawan Setjadiningrat, Pengusaha dengan Koleksi 63 Mobil Antik
Hartawan Setjadiningrat, Pengusaha dengan Koleksi 63 Mobil Antik
Di kalangan kolektor mobil kuno, nama Hartawan Setjadiningrat begitu populer. Selain memiliki koleksi mobil antik paling banyak di Jakarta, dia dikenal sebagai "kurator" mobil kuno.

LUCKY NUR HIDAYAT, Jakarta

Tamu yang baru kali pertama datang di rumah Hartawan mungkin akan terkesima. Di halaman rumahnya yang luas di daerah Puri Mutiara, Cipete, Jakarta Selatan, tamu disambut tiga jip High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV atau Humvee). Tiga mobil kuno tersebut seolah mempersilakan tamu untuk memelototi lekuk-lekuknya.

Begitu pintu garasi dibuka, tamu dibuat semakin terkesima. Sembilan mobil antik berderet dengan rapi. Di teras belakang, Hartawan "menyimpan" mobil tertua koleksinya yang paling dia kagumi. "Ini Lorent Dietric buatan Prancis 1908. Saya dapatkan mobil ini dengan menjebol tembok di Jakarta Selatan pada 1983 dengan biaya sekitar Rp 9 juta kala itu," jelas bapak tiga anak tersebut sambil mengelus mobil merah kesayangannya itu.

Di kalangan kolektor mobil kuno, nama Hartawan Setjadiningrat begitu populer. Selain memiliki koleksi mobil antik paling banyak di Jakarta, dia dikenal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News