Harus Dibalas dengan Travel Advisory

Perlu Pihak Ketiga dari Negara Asean

Harus Dibalas dengan Travel Advisory
Harus Dibalas dengan Travel Advisory
JAKARTA - Belum selesai kasus Bintan diungkap oleh parlemen, kini parlemen kembali dibuat pusing dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah yang mengancam akan mengeluarkan travel advisory atau pengurangan kunjungan ke Indonesia. Untuk itu, berbagai tanggapan pun bermunculan. Salah satu yang paling diharapkan adalah adanya campur tangan pihak ketiga.

“Kalau sudah terjadi kebuntuan politik, maka tidak lagi berbicara sebagai bangsa serumpun. Tetapi sebagai bangsa Asean. Untuk itu perlu adanya dukungan dari pihak ketiga di Asean untuk menengahkan permasalahan ini,” kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, kepada INDOPOS (grup JPNN), semalam (26/8).

Ucapan Taufik itu berkaca dari sejarah bahwa pemerintah Indonesia pernah menjadi mediator dalam sengketa Vietnam dan Kamboja. “Kita bisa meminta masalah perbatasan ini menjadi permasalahan Asean. Segeralah dirasakan perlu Menlu RI Marty Natalegawa menganggap bahwa komunikasi lintas semangat Asean untuk duduk bersama,” jelasnya.

Jika Asean memang tidak mau ikut membantu menyelesaikan perbatasan RI-Malaysia, maka Taufik mengimbau agar Asean lebih baik dibubarkan saja. “Buat apa ada Asean, jika semangat sebagai negara Asia tidak ada dalam permasalahan RI-Malaysia. Kalau bisa Vietnam ataupun Kamboja yang dulu pernah dibantu oleh Indonesia, mau ikut duduk bersama sebagai pihak ketiga,” harapnya.

JAKARTA - Belum selesai kasus Bintan diungkap oleh parlemen, kini parlemen kembali dibuat pusing dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News