Haruskah Saya Khawatir Kalau Tiba-tiba Batuk atau Sakit Tenggorokan?

Haruskah Saya Khawatir Kalau Tiba-tiba Batuk atau Sakit Tenggorokan?
Batuk kering adalah salah satu gejala umum dari COVID-19. (Getty Images: Science Photo Library)

Belakangan ini kalau kita bangun pagi dan merasa tenggorokan sakit atau batuk, kita spontan berpikir apakah ini gejala COVID-19, atau hanya flu dan pilek biasa?

Perasaan ini dapat dimengerti di saat pandemi global virus corona sedang menyita sebagian besar waktu kita, setidaknya tiga bulan terakhir ini.

Apalagi, banyak data juga mencatat kesamaan gejala umum antara penyakit COVID-19 dengan pilek dan flu.

Yang harus diperhatikan penyakit flu dan pilek ini juga banyak terjadi di saat perubahan musim, seperti yang sekarang akan dilalui oleh warga Australia.

"Perubahan musim menyebabkan banyak orang terserang pilek dan infeksi saluran pernapasan lainnya sebelum musim flu di musim dingin," kata spesialis THT dari kota Perth, Peter Friedland.

Artinya, di masa pancaroba kemungkinan Anda menderita flu biasa lebih tinggi daripada kemungkinan Anda menderita COVID-19.

Tetapi jika Anda masih khawatir tentang gejala yang Anda alami, inilah perbedaannya.

Apa saja gejala virus corona?

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui gejala virus corona adalah dengan menggunakan 'The healthdirect Coronavirus (COVID-19) Symptom Checker'.

Belakangan ini kalau kita bangun pagi dan merasa tenggorokan sakit atau batuk, kita spontan berpikir apakah ini gejala COVID-19, atau hanya flu dan pilek biasa?Perasaan ini dapat dimengerti di saat pandemi global virus corona sedang menyita sebagian besar

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News