Hasil Investigasi Pastikan MH17 Ditembak Jatuh Oleh Rudal Rusia

Hasil Investigasi Pastikan MH17 Ditembak Jatuh Oleh Rudal Rusia
Hasil Investigasi Pastikan MH17 Ditembak Jatuh Oleh Rudal Rusia

Para penyelidik yang memburu pelaku yang bertanggung jawab menembak jatuh pesawat MH17 milik Malaysia Airline diatas wilayah Ukraina kini yakin militer Rusia memegang peran penting dalam menyediakan rudal yang mematikan tersebut.

Ini adalah pertama kalinya para penyidik resmi telah menunjuk brigade rudal anti-pesawat 53 milik Federasi Rusia yang bermarkas di Kursk.

Pada suatu pertemuan di Belanda, Tim Investigasi Gabungan (JIT), yang termasuk dalamnya sejumlah perwira Australia, menunjukkan sejumlah video dan gambar dari peta yang diambil oleh truk yang mengangkut rudal melintasi perbatasan.

Wilbert Paulissen, kepala Skuad Kejahatan Nasional dari Kepolisian Nasional Belanda, mengatakan bahwa JIT menginginkan para saksi untuk segera bersuara.

"Kami mencari orang-orang yang terlibat langsung," katanya.

"Kami memiliki empat pertanyaan – siapa yang menjadi bagian dari tim yang menembak jatuh MH17, instruksi apa soal di mana mereka diberikan dan oleh siapa.

"Juga siapa yang bertanggung jawab untuk operasi penugasan ini.

"Dan akhirnya, siapa yang bisa memberi kami sebagian besar informasi tentang prosedur di brigade ini?" Paulissen berkata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News