Hasil Investigasi WHO: Kecil Kemungkinan Kelelawar Pembawa COVID-19 Ada di Wuhan

Hasil Investigasi WHO: Kecil Kemungkinan Kelelawar Pembawa COVID-19 Ada di Wuhan
Ketua panel pakar COVID-19 China Dr Liang Wannian mendampingi tim WHO yang menyelidiki asal-usul virus corona di Wuhan. (AP: Ng Han Guan)

Tim investigasi Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan virus yang mirip dengan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 ditemukan pada banyak hewan. Namun belum ditemukan bukti penularan langsung ke manusia.

  • Tim investigasi WHO telah merampungkan penyelidikan mengenai asal-usul pandemi COVID-19 di Wuhan
  • Tim yang didampingi panel pakar dari China tidak menemukan bukti penularan langsung dari hewan ke manusia
  • Pemerintah Australia menyatakan tidak kaget dengan kesimpulan namun menunggu laporan tertulis dari WHO

 

Tim WHO yang didampingi tim pakar dari China telah merampungkan penyelidikan mereka pekan ini mengenai asal-usul COVID-19 yang dipusatkan di Wuhan.

Dalam keterangan pers bersama hari Selasa (9/02/2021), tim ini mengumumkan telah mengumpulkan informasi baru, namun tidak banyak mengubah gambaran awal mengenai asal-usul pandemi ini.

Pakar virus dalam tim WHO Peter Ben Embarek menjelaskan, upaya mengidentifikasi asal-usul virus corona mengarah ke kelelawar pembawa virus, namun kecil kemungkinan kelelawar ini berada di Wuhan.

Ketua panel COVID-19 China, Dr Liang Wannian, dalam kesempatan yang sama menjelaskan pihaknya yakin COVID-19 berasal dari penularan zoonosis, yaitu dari hewan ke manusia, yang kemudian berevolusi.

Namun Dr Liang menambahkan hewan pembawa virus tersebut hingga kini belum dapat diidentifikasi.

External Link: asal-usul covid

 

Tim investigasi Organisasi Kesehatan Dunia WHO menyatakan virus yang mirip dengan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 ditemukan pada banyak hewan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News