Hasil Riset: Dana Desa Memberi Efek Positif Bagi Ekonomi

Hasil Riset: Dana Desa Memberi Efek Positif Bagi Ekonomi
Penyaluran dana desa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LPEM FEB UI) telah melakukan riset terkait dampak dana desa yang dijalankan pemerintah.

Hasilnya, dana desa berdampak positif untuk peningkatan aktivitas ekonomi desa.

Peneliti Klaster Kemiskinan, Sosial, Perlindungan, dan Pembangunan LPEM FEB UI Teguh Dartanto mengatakan, pihaknya melakukan riset dengan mengaplikasikan metode Diffetence in Diffetence (DID) Regression dan Instrumental Variabel (IV) Regression dan menggunakan gabungan data Cahaya Malam Hari (Nightlight), Facebook Mobility, Geographical Information System, dan Data Dana Desa dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Hasilnya menunjukkan sejauh ini Dana Desa berdampak positif bagi peningkatan aktivitas ekonomi desa," ujar dia dalam pemaparan hasil riset berjudul Diseminasi Hasil Riset 'Melihat Indonesia dari Angkasa: Covid-19, Dana Desa, dan Pemulihan Ekonomi Nasional' secara daring, Senin (25/1).

Dari riset itu juga diketahui pengaruh Dana Desa bervariasi antardaerah.

"Cenderung untuk lebih kuat di desa-desa yang memiliki infrastruktur penunjang lain yang baik sehingga dapat menimbulkan potensi ketimpangan di masa depan," imbuh dia.

Dari hasil riset itu juga menunjukkan kawasan perkotaan menjadi kawasan yang paling terdampak di masa pandemi.

Sebaliknya, meski terdampak, kawasan pedesaan masih mencatat pertumbuhan average light index (ALI) yang lebih baik di masa pandemi.

LPEM FEB UI telah melakukan riset terkait manfaat dana desa selama pandemi Covid-19, lantas bagaimana hasilnya untuk aktivitas ekonomi desa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News