JPNN.com

Hasil Riset: Lewat Tol Jakarta – Surabaya Lebih Murah

Sabtu, 13 April 2019 – 04:32 WIB Hasil Riset: Lewat Tol Jakarta – Surabaya Lebih Murah - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil riset Badan Litbang Kementerian Perhubungan menemukan fakta, kendaraan barang yang melewati tol jauh lebih murah daripada tidak lewat tol. Terutama pada biaya bahan bakar.

Jarak Jakarta hingga Surabaya mencapai 783 km jika melewati Pantura. Namun jika lewat tol, lebih dekat 3 km. Menurut perhitungan Badan Litbang Kemenhub, untuk kendaraan golongan III biaya truk yang tidak menggunakan tol Rp 4.257/km.

Sedangkan yang hanya separo jalan menggunakan tol berbiaya Rp 4.073/km. Lalu jika menggunakan tol hanya Rp 3.711/km. ”Jika dihitung waktunya lebih singkat dengan tol,” ucap Kepala Badan Litbang Perhubungan Sugihardjo.

Yang paling kentara adalah untuk pembiayaan bahan bakar. Sebanyak 60 persen biaya operasional truk yang tidak lewat tol dihabiskan untuk bahan bakar. Sedangkan mereka yang lewat tol hanya menghabiskan 33,40 persen untuk bahan bakar. Biaya tersebut tidak jauh berbeda dengan biaya tol yang dikeluarkan.

”Konsekuensinya biaya bahan bakar dan biaya non operasional lainnya lebih mahal kalau tidak lewat tol,” tuturnya.

BACA JUGA: Hari ini KAI Gratiskan Tiket KA Lokal dan Perintis

Biaya operasional kendaraan melalui tol lebih murah dibandingkan dengan melalui non tol dan kombinasi. Biaya operasional melalui tol lebih murah 9 persen dibanding rute kombinasi dan 13 persen dari rute non tol.

Sedangkan dari waktu tempuh kendaraan melalui tol lebih cepat 38 persen dibanding rute kombinasi dan 58 persen dari rute non tol.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...