Hasil Survei: Arinal - Nunik Unggul di Pilgub Lampung

Hasil Survei: Arinal - Nunik Unggul di Pilgub Lampung
Arinal Djunaidi. Foto: Radar Lamteng/JPNN

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Hasil survei Rakata Institute menunjukkan elektabilitas pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Provinsi Lampung nomor urut tiga Arinal Djunaidi - Chusnunia Chalim atau Nunik unggul terhadap tiga paslon lainnya yang ikut dalam Pilgub Lampung 27 Juni mendatang.

Elektabilitas Arinal-Chusnunia sebanyak 33,30 persen, disusul pasangan nomor urut dua Herman HN-Sutono meraih 31,30 persen; pasangan nomor urut satu Ridho Ficardo – Bahtiar Basri meraih 23,30 persen, dan pasangan nomor urut empat Mustafa – Ahmad Jajuli meraih 10,50 persen.

“Berdasarkan hasil survei lembaga kami, pasangan Arinal-Nunik mengungguli ketiga pasangan lain,” ucap Direktur Eksekutif Rakata Institue Eko Kuswanto, di Kota Bandar Lampung, Sabtu (23/6).

Menurut Eko Kuswanto, Rakata Institute melakukan survei pada tanggal 12-17 Juni 2018 terhadap 1.000 responden yang tersebar dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Responden terpilih diwawancarai melalui tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Survei ini menggunakan metode stratified random sampling dengan memiliki toleransi kesalahan atau Margin of Error kurang lebih 3,10 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Eko, elektabilitas pasangan Arinal Djunaidi-Chusnunia menunjukkan tren peningkatan.

“Animo masyarakat untuk memilih tahun ini sangat tinggi, sehingga sangat berpengaruh pada tren pemilih nomor urut tiga,” ungkapnya.

Terkait data yang keluar di media sosial beberapa waktu lalu, Eko membenarkan bahwa data tersebut milik Rakata Institute. Namun, Eko mengaku tidak mengetahui bagaimana data tersebut bisa keluar sebab pihaknya tidak ingin mempublikasi hasil survei terakhir yang dilakukan lembaganya.

Hasil survei Rakata Institute menunjukkan elektabilitas paslon gubernur dan Wagub Lampung Arinal - Chusnunia unggul terhadap tiga paslon lain di Pilgub Lampung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News