Hasil Survei: Elektabilitas Bupati Cantik Melambung Tinggi

Hasil Survei: Elektabilitas Bupati Cantik Melambung Tinggi
Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Cirus Surveyors Group merilis hasil survei terbaru elektabilitas kandidat Gubernur Kalimantan Barat.

Dari 16 tokoh yang muncul pada jajak pendapat, dua nama bersaing ketat. Baik dari segi elektabilitas, popularitas maupun akseptabilitas.

Yaitu Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Wali kota Pontianak Sutarmidji.

"Pada survei November kemarin, elektabilitas Karolin mencapai 33,23 persen. Disusul Sutarmidji 26,63 persen," ujar peneliti Cirus Surveyors Group Rio Prayogo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/12).

Menurut Rio, hasil tersebut berbeda dengan yang digelar Juli lalu, menggunakan metode dan jumlah sampel yang sama. Elektabilitas Sutarmidji mencapai 24,1 persen, disusul Karolin 21,1 persen.

"Hasil survei terbaru menunjukkan elektabilitas Karolin melambung tinggi dalam empat bulan terakhir," ucap Rio.

Demikian juga dari segi popularitas, survei di November memperlihatkan Karolin tetap yang tertinggi. Mencapai 74,3 persen, disusul Sutarmidji 50,9 persen.

"Dari sisi popularitas tak ada perubahan. Karolin tetap tertinggi. Namun dari persentase ada kenaikan dibanding survei Juli lalu. Popularitas Karolin sebelumnya hanya 55,9 persen. Sementara Sutarmidji 41,8 persen," kata Rio.

Hasil survey Cirus Surveyors Group untuk mengukur elektabilitas para kandidat cagub Kalbar menunjukkan Karolin sulit dibendung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News