Hasil Survei: Elektabilitas Erick Thohir Nomor 1 di Bursa Cawapres

Hasil Survei: Elektabilitas Erick Thohir Nomor 1 di Bursa Cawapres
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Foto: PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif LSI, Djayadi menyatakan dalam hasil survei terbaru periode 1 hingga 8 Juli 2023, nama Erick Thohir bertengger di posisi pertama dalam bursa cawapres.

Baik dalam simulasi 24 nama, 12 nama dan 7 nama, Menteri BUMN tersebut selalu menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memilih cawapres.

"Untuk pilihan wakil presiden secara individu, ini yang menarik pada Juli ini biasanya Erick Thohir tidak nomor satu kan dipilih masyarakat. Nah sekarang dalam survei LSI untuk pertama kalinya menduduki posisi pertama untuk pilihan calon wakil presiden versi masyarakat,” terang Djayadi.

Berdasarkan temuan LSI, dalam simulasi 24 nama, Erick Thohir bertengger di posisi pertama dengan elektabilitas cawapres sebesar 14,3 persen.

Di belakangnya terdapat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 13,5 persen dan Menkopolhukam Mahfud MD dengan elektabilitas sebesar 9,9 persen.

Kemudian di simulasi 12 nama, posisi Erick Thohir tidak berubah. Ketum PSSI tetap menjadi cawapres pilihan utama masyarakat dengan angka elektabilitas sebesar 18,5 persen.

Menguntit di belakangnya terdapat Ridwan Kamil yang memiliki elektabilitas sebesar 16,6 persen dan Menparekraf Sandiaga Uno dengan elektabilitas sebesar 11,0 persen.

Selanjutnya, Erick Thohir tetap unggul dalam simulasi 7 nama dengan mencatatkan elektabilitas sebesar 21,2 persen.

Di belakang pemimpin andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi tersebut tidak berubah yakni terdapat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 19,6 persen dan Sandiaga Uno di angka 17,5 persen. Dari hasil survei ini, LSI menegaskan sosok Erick Thohir tengah menguat dari hasil survei sebelumnya.

Di mana pada hasil survei LSI sebelumnya yakni pada periode 12 hingga 17 April 2023 lalu, Erick Thohir hanya bertengger di posisi keempat bursa cawapres. Ia terekam hanya memiliki elektabilitas sebesar 10,5 persen dalam simulasi 17 nama semi terbuka cawapres.

Perlu diketahui, survei terbaru LSI dilakukan pada 1-8 Juli 2023 dengan pemilihan sampel survei melalui metode random digit dialing (RDD). Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1242 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Margin of error survei diperkirakan ±2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Target populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83 persen dari total populasi nasional. (dil/jpnn)

Berdasarkan temuan LSI, dalam simulasi 24 nama, Erick Thohir bertengger di posisi pertama dengan elektabilitas cawapres sebesar 14,3 persen


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News