Hasil Survei Elektabilitas Parpol: PDIP Pertama, PPP Krisis

Hasil Survei Elektabilitas Parpol: PDIP Pertama, PPP Krisis
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama kader PDIP Mochamad Nur Arifin atau Gus Ipin, Hendrar Prihadi, Nikson Nababan, dan I Made Agus Mahayastra di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/11). Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - "PDIP menempati urutan pertama dengan angka 20,8 persen," kata Manajer Riset PatraData Research Consulting Rezki Adminanda, membeberkan hasil survei pihaknya pada tanggal 25-30 Oktober 2023.

Survei menggunakan kontak telepon kepada responden yang dipilih secara acak dari basis data yang telah dimiliki oleh PatraData dan berhasil mewawancarai sebanyak 1.220 responden selama rentang waktu pelaksanaan survei.

Dengan asumsi metode 'simple random sampling', ukuran sampel basis sebanyak 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan ('margin of error' atau MoE) lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional di Indonesia.

'Quality kontrol' dilakukan dengan menelpon ulang responden/call back sebanyak 20 persen dari total sampel.

Dari survei itu PDIP masih menempati urutan teratas dalam elektabilitas partai politik untuk Pemilu 2024.

"PDIP 20,8 persen," kata Rezki Adminanda pada Kamis (2/11).

Terdapat delapan parpol lainnya yang mencatatkan elektabilitas di atas angka ambang batas parlemen ('parliamentary threshold') sebesar 4 persen.

Dari hasil survei itu PDIP masih menempati urutan teratas dalam elektabilitas partai politik untuk Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News