Hasil Survei: Elektabilitas Prabowo-Airlangga Jauh Mengungguli 2 Pasangan ini

Hasil Survei: Elektabilitas Prabowo-Airlangga Jauh Mengungguli 2 Pasangan ini
Ilustrasi - Hasil survei LSI memperlihatkan elektabilitas Prabowo Subianto (kiri) ketika dipasangkan dengan Airlangga Hartarto (tengah) jauh mengungguli dua pasangan lain. Dalam foto juga terlihat senior Partai Golkar Aburizal Bakrie. Foto: Ist.

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) menggelar Survei Nasional Peta Elektoral Pilpres dan Antisipasi Putaran Kedua pada 12-17 April 2023.

Pada survei kali ini LSI melakukan simulasi nama kandidat secara tertutup dua pasangan.

Hasilnya, nama Prabowo Subianto ketika dipasangkan dengan Airlangga Hartarto jauh mengungguli elektabilitas Ganjar Pranowo yang dipasangkan dengan Erick Thohir.

Elektabilitas Prabowo-Airlangga mencapai 46,6 persen, sementara pasangan Ganjar-Erick hanya 40,6 persen.

Hasil survei sebelumnya pada Mei-Juni 2022 pasangan Prabowo-Airlangga juga unggul (41 persen) dibanding Ganjar-Erick (40,5 persen).

Menurut Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, LSI juga melakukan simulasi dua tertutup dua pasangan dengan mambandingkan Prabowo-Airlangga dengan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono.

Hasilnya, Prabowo-Airlangga mengantongi 47,6 persen atau naik dari survei sebelumnya Mei-Juni 2022 yang hanya 41,6 persen.

Sementara pasangan Anies-AHY elektabilitasnya hanya 38,5 persen atau turun dari survei sebelumnya yang mencapai 39,5 persen.

Hasil survei LSI memperlihatkan elektabilitas Prabowo ketika dipasangkan dengan Airlangga Hartarto jauh mengungguli dua pasangan ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News