Hasil Survei IDM: Sembilan Tokoh Diprediksi Bersaing di Pilgub Kaltara

Hasil Survei IDM: Sembilan Tokoh Diprediksi Bersaing di Pilgub Kaltara
Ilustrasi

jpnn.com - JAKARTA - Sembilan tokoh Kalimantan Utara (Kaltara) diprediksi bakal bertarung pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Provinsi Kalimantan Utara yang digelar pada 9 Desember mendatang. Hal ini didapat dari survei yang dilakukan oleh Lembaga survei Indonesia Development Monitoring (IDM) pada 12-26 Juni 2015.

Masing-masing tokoh yang bakal bersaing pada pesta rakyat tersebut adalah Anang Dachlan Djauhari, Jusuf SK, Budiman Arifin, Irianto Lambire, Martin Billa, Ibrahim Saleh, Ince A. Rifai, Dicky Wainal Usman, dan Abdul Hafid Ahmad.

Dari hasil survei tersebut, memperlihatkan bahwa figur ideal Gubernur Kalimantan Utara yang diinginkan rakyat adalah memiliki kriteria sebagai berikut. 

Berpengalaman di bidang pemerintahan/birokrasi 27,8 persen, merakyat 9,9 persen, memiliki kemampuan memimpin 8,1 persen, Jujur, bersih, bebas KKN 6,4 persen, berwibawa dan bijaksana 5,4 persen. 

Selain itu masyarakat juga menyukai figur dermawan sebesar 4,4 persen, sudah banyak dikenal 3,6 persen, pandai dan berwawasan luas 2,9 persen, putra daerah 2,5 persen, tegas 1,8 persen serta dapat merangkul semua kalangan 1,8 persen.

"Jika pilkada dilaksanakan hari ini, sebanyak 38,6 persen responden akan memilih Anang Dachlan Djauhari, memilih Jusuf SK (14,8 persen), Budiman Arifin (7,2 persen), Martin Billa (5,4 persen), Irianto Lambire (5,2 persen)," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring, Fahmi Hafel, dalam siaran pers yang diterima, Jumat (10/7).

Dari sisi ketokohan pun Anang Dachlan Djauhari jauh mengungguli yang lain. Ia masih menempati posisi popularitas tertinggi baik pada jawaban spontan (top of mind) maupun pada pilihan masyarakat.

"Dalam jawaban spontan tentang ketokohan responden memilih Anang Dachlan Djauhari sebesar (35,7 persen), Jusuf SK (22,7 persen), Budiman Arifin (11 persen), Ririanto Lambire (4,9 persen), Marthin Billa (4,4 persen)," tukasnya.

JAKARTA - Sembilan tokoh Kalimantan Utara (Kaltara) diprediksi bakal bertarung pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Provinsi Kalimantan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News