Hasil Survei Indopolling Network: PKB Unggul di Jawa Timur

Hasil Survei Indopolling Network: PKB Unggul di Jawa Timur
Direkrut Riset Indopolling Network Dewi Arum Nawangwungu pemaparan hasil survei Indopolling Network bertajuk Peta Elektoral Capres dan Parpol di Dapil Jatim IX Jelang Pemilu 2019 di Tuban, Jawa Timur, Selasa (15/1). Foto: Ist

jpnn.com, TUBAN - Menjelang pelaksanaan pemilu legislatif dan Pilpres 2019, PKB terlihat masih unggul di daerah pemilihan Jawa Timur IX (Dapil Jatim IX).

Hal tersebut terungkap dari paparan hasil survei Indopolling Network pada diskusi bertajuk “Peta Elektoral Capres dan Parpol di Dapil Jatim IX Jelang Pemilu 2019” yang dilaksanakan di Tuban, Jawa Timur, Selasa (15/1/2019).

Dalam tersebut, pengambilan data dilakukan selama periode 11-21 Desember 2018. Penarikan sampel dilakukan dengan metode Multi Stage Random Sampling. Jumlah sampel dalam survei ini sebesar 880 responden pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error (MoE) sebesar + 3,2 persen.

Direkrut Riset Indopolling Network Dewi Arum Nawangwungu mengatakan jika Pemilu legislatif dilaksanakan hari ini, maka hasil dari simulasi kertas suara PKB unggul dengan elektabilitas sebesar 23,0 persen, disusul oleh PDI Perjuangan (17,4 persen); Partai Golkar (7,4 persen); Partai Gerindra (5,3 persen); Partai Demokrat (3,3 persen), Partai Nasdem (1,9 persen); PPP (1,7 persen); Partai Perindo (1,6 persen); PAN(0,9 persen); PKS(0,8 persen).

Sedangkan PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda masing-masing 0,2 persen. PBB Berada di posisi paling buncit degan elektabilitas 0,1 persen. Masih terdapat potensi pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters) sebesar 35,9 persen.

Yang menarik dari temuan peta elektoral partai di dapil IX Jatim adalah adanya pergeseran konfigurasi dukungan Partai dibandingkan perolehan suara pileg 2014. Partai Demokrat yang pada hasil pileg 2014 berada di posisi runner up setelah PKB, saat ini dukungan terhadap Partai Demokrat tergerus dan terpental ke urutan kelima. Sementara PDI Perjuangan yang pada pileg 2014 berada di posisi ketiga saat ini berhasil merebut posisi runner up menggusur Partai Demokrat.

Berdasarkan peta perolehan suara Pileg 2014, enam partai teratas yang berhasil merebut kursi DPR RI secara berturut-turut adalah PKB (22,0 persen); Partai Demokrat (16,4 persen); PDI Perjuangan (12,8 persen); Partai Golkar (10,6 persen); Partai Gerindra (12,0 persen) dan PAN (7,4 persen).

“Kejutan lainnya terkait dengan efek pencalegan Suyoto (Mantan Bupati Bojonegoro 2 periode) yang maju sebagai caleg DPR RI dari Partai Nasdem ternyata tidak mampu mendongkrak elektabilitas Partai Nasdem secara signifikan. Dari temuan survei, elektabilitas Partai nasdem hanya sebesar 1,9 persen,” ujar Arum.

Hasil survei Indopolling Network menunjukkan PKB masih unggul dari PDIP di daerah pemilihan Jawa Timur IX.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News