Hasil Survei: Ini 3 Kunci Kemenangan Capres - Cawapres

Hasil Survei: Ini 3 Kunci Kemenangan Capres - Cawapres
Presiden Jokowi saat menemui korban gempa di Lombok Utara, Senin (13/8). (Foto: Biro Pers Setpres/JPNN)

jpnn.com, JAKARTA - Pasangan capres – cawapres diyakini berhasil meraih kemenangan di Pilpres 2019 jika menguasai tiga kunci. Yaitu, merebut suara di Jawa dan Sumatera, pemilih muda, dan pemilih muslim.

Analisis itu diungkapkan CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali saat merilis hasil survei nasional di Hotel Oria, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Minggu (26/8).

Survei yang dilaksanakan pada 12–18 Agustus itu melibatkan 1.500 responden berusia 17 tahun ke atas. Rentang margin of error sebesar 2,53 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Menurut Hasan, sapaan akrab Hasanuddin Ali, hampir seratus persen responden mengenal dan mengetahui kedua capres, Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Demikian pula dengan cawapres, Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno. Namun, masing-masing memiliki citra yang berbeda-beda di masyarakat.

Alumnus ITS itu menyatakan, Jokowi lebih banyak dipersepsikan sebagai tokoh yang merakyat dan mampu menyelesaikan masalah. Prabowo dipersepsikan tegas dan berwibawa.

Ma’ruf dicitrakan religius dan jujur. Sementara itu, Sandi dipersepsikan sebagai tokoh muda dan komunikatif. ’’Masing-masing mempunyai citra kuat di mata masyarakat,’’ paparnya.

Hasil survei juga menunjukkan, posisi cawapres dari kedua pasang kandidat belum cukup signifikan untuk mengubah pilihan masyarakat. Publik masih terfokus melihat kekuatan figur capres. ’’Capres sebagai faktor penting dalam menentukan pilihan,’’ terang pria yang tinggal di Depok, Jawa Barat, itu.

Meski demikian, Hasan yakin persaingan kedua paslon ke depan semakin kompetitif. Menurut dia, ada tiga kunci untuk meraih kemenangan dalam pilpres tahun depan. Yaitu, menguasai suara di Jasuma (Jawa dan Sumatera), pemilih muda, serta pemilih Islam.

Berdasar hasil survei Alvara Research Center, pasangan Jokowi – Ma’ruf unggul di Jawa, Prabowo – Sandiaga di Sumatera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News