Hasil Survei KPAI: Mayoritas Siswa Ingin Belajar Tatap Muka Januari 2021

Hasil Survei KPAI: Mayoritas Siswa Ingin Belajar Tatap Muka Januari 2021
Komisioner Bidang Pendidikan KPAI Retno Listyarti. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Bidang Pendidikan Komisi Perlindungan Anak Indonesa  (KPAI) Retno Listyarti mengungkapkan, mayoritas peserta didik menginginkan pembelajaran tatap muka dimulai Januari 2021.

Hal tersebut terungkap dari dari hasil survei singkat yang dilakukan KPAI, untuk melihat persepsi peserta didik tentang rencana pemerintah membuka pembelajaran tatap muka (PTM) pada Januari 2021.

Menurut Retno, survei singkat ini dibuat memang untuk mendengarkan suara anak-anak Indonesia. Adapun aplikasi yang digunakan adalah google form. 

Penyebaran kuisioner survei dilakukan melalui aplikasi WhatsApp dan Facecook (FB) dengan dibantu oleh penggiat pendidikan dan para guru dalam jaringan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). 

Dari 62.448 responden mayoritas  setuju sekolah tatap muka dibuka pada Januari 2021 yaitu sebanyak 48.817 siswa atau 78,17 persen dari total responden.

Sedangkan yang tidak setuju hanya 6.241 siswa atau sekitar 10 persen dari total responden.

Yang menjawab ragu-ragu  mencapai 10.078 siswa atau  sekitar 16,13 persen dari total responden. 

"Para responden yang setuju pembelajaran tatap muka dibuka pada Januari 2021, umumnya memberikan alasan sudah jenuh pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan butuh variasi dengan PTM terutama untuk praktikum dan membahas materi-materi yang sangat sulit yang tidak bisa diberikan melalui PJJ," urai Retno, Senin (28/12).

Retno Listyarti mengungkapkan hasil survei KPAI yang menunjukkan mayoritas peserta didik ingin pembelajaran tatap muka di Januari 2021

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News