Hasil Survei: Pandemi Dongkrak Penyaluran Dana Filantropi, Agama Mendominasi 

Hasil Survei: Pandemi Dongkrak Penyaluran Dana Filantropi, Agama Mendominasi 
Sofft launching Survei Outlook Filantropi 2022 pada diskusi publik secara virtual, Sabtu (28/5). Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo mengungkapkan bahwa penyaluran dana filantropi di Indonesia dalam tiga tahun ke belakang menunjukkan tren kenaikan.

Kenaikan terbesar justru terjadi di awal pandemi COVID-19 dengan total kenaikan penyaluran bantuan adalah sebesar 23,05%.

Kunto menjelaskan penelitian ini adalah bagian dari Philanthropy Outlook 2022 yang akan diluncurkan bersamaan dalam acara puncak Festival Filantropi Indonesia atau FIFest 2022 pada 13 Juni 2022.

"Kami mengelaborasi temuan survei dengan menggarisbawahi bahwa filantropi agama adalah jenis filantropi yang kontribusinya paling besar dalam penyaluran dana filantropi di Indonesia," terang Kunto dalam soft-launching Survei Outlook Filantropi 2022 pada diskusi publik secara virtual, Sabtu (28/5).

Dia menjelaskan, filantropi agama menyalurkan lebih dari 80% dari total penyaluran dana filantropi di tahun 2020, disusul oleh filantropi perusahaan. 

Kunto menambahkan, penyaluran dana oleh filantropi perusahaan naik paling drastis di tahun 2020 sebesar 41% dari tahun 2019. “Pandemi COVID-19 membuat warga dan perusahaan di Indonesia makin giat berbagi dengan sesama,” imbuh Kunto.

Deputi Baznas RI, Moh. Arifin Purwakananta mengamini temuan Outlook Filantropi ini. Arifin menyatakan filantropi agama sangat berperan di Indonesia, bisa dilihat dari jumlah zakat yang dihimpun oleh gerakan zakat dan zakat informal dari masyarakat. 

Arifin juga mengiyakan bahwa saat pandemi, meskipun inflasi sedang naik, donasi masyarakat pun meningkat. Menurut dia, donasi ini berasal dari mereka yang tidak terkena krisis dan mereka yang berharap, dengan menyumbang, pandemi akan segera berakhir. 

Hasil survei KedaiKOPI menunjukkan pandemi justru mendongkrak penyaluran dana filantropi, dan filantropi agama mendominasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News