Hasil Survei SMRC: Ganjar Pranowo punya Dua Keunggulan Ini

Hasil Survei SMRC: Ganjar Pranowo punya Dua Keunggulan Ini
Elektabilitas Ganjar Pranowo pada survei SMRC melampaui Prabowo dan Anies. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sifat calon presiden yang jujur dan perhatian pada rakyat menjadi poin yang dilihat masyarakat sebagai pemilih.

Pada kedua kualitas personal ini, Ganjar Pranowo dinilai paling unggul oleh publik.

Hal itu berdasarkan temuan survei nasional Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk 'Kualitas Personal Capres di Mata Pemilih'.

Survei yang dilakukan secara tatap muka pada 30 April – 7 Mei 2023 ini dipresentasikan oleh Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dan disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Minggu (14/5)

Deni menjelaskan bahwa kualitas personal tokoh merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan pemilih dalam memutuskan calon presiden yang akan dipilih.

“Semakin positif kualitas personal seorang calon, semakin besar pula peluangnya untuk dipilih,” kata Deni.

Survei ini menunjukkan bahwa sifat atau kualitas kepemimpinan yang paling penting dimiliki oleh seorang calon Presiden Indonesia adalah kejujuran dan perhatian pada rakyat.

Sebanyak 40,7 persen publik menilai kejujuran sebagai sifat kepemimpinan terpenting yang harus dimiliki seorang capres dan yang menyatakan perhatian pada rakyat 29,3 persen.

Sebanyak 46 persen responden menilai Ganjar Pranowo paling perhatian, Prabowo 19 persen, Anies 19 persen, dan belum jawab 15 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News