Hasil Survei Terbaru Charta Politika, Beda dengan Litbang Kompas

Hasil Survei Terbaru Charta Politika, Beda dengan Litbang Kompas
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya memaparkan hasil survei terbaru terkait Pilpres 2019, Senin (25/3). Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru lembaga Charta Politika menyatakan pasangan capres dan cawapres Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin, mengungguli Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Dalam survei yang dirilis, Senin (25/3) di Jakarta, itu Jokowi - Kiai Ma'ruf meraih elektabilitas 53,6 persen jika pemilihan presiden digelar pada saat survei dilakukan. Pasangan Prabowo - Sandi hanya meraih 35,4 persen.

"Sementara 11,1 persen menyatakan tidak tahu atau tidak jawab," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, Senin (25/3) dalam paparan hasil survei bertajuk "Prediksi Hasil Akhir dan Konstelasi Isu Jelang Pemilihan Umum Serentak 2019".

Hasil survei ini berbeda dengan yang dilakukan Litbang Kompas yang dirilis pekan lalu, dimana Jokowi – Ma’ruf meraih 49,2, sedang Prabowo – Sandi 37,4 persen.

BACA JUGA: Jokowi - Ma'ruf Unggul di Semua Wilayah, Prabowo - Sandi Hanya di Sumatera

Yunarto memaparkan berdasar hasil survei sebelumnya, tren elektabilitas kedua pasangan calon itu mengalami peningkatan. Pada Oktober 2018, Jokowi - Kiai Ma'ruf 53,2 persen, Januari 2019 53,2 persen. Prabowo - Sandi pada Oktober 2018 adalah 35,5 persen, Januari 2019 34,1 persen.

Dalam survei itu juga dilakukan simulasi ekstrapolasi, yakni ketika undecided voters 11,1 persen didistribusikan normal ke masing-masing pasangan calon secara statistik. Dari hasil ekstrapolasi itu diketahui bahwa Jokowi - Kiai Ma'ruf meraih 60,2 persen, dan Prabowo - Sandi 39,8 persen.

Perbandingan ekstrapolasi survei Charta Politika dengan lembaga lain juga bisa dilihat dalam paparan ini. Hasil ekstrapolasi survei Litbang Kompas, Jokowi - Kiai Ma'ruf 56,8 persen, Prabowo - Sandi 43,2 persen. Survei Indo Barometer Jokowi - Kiai Ma'ruf 63,47 persen, Prabowo - Sandi 36,53 persen. Survei Charta Politika Jokowi - Kiai Ma'ruf 60,2 persen, Prabowo - Sandi 39,8 persen.

Hasil survei terbaru Charta Politika menempatkan pasangan Jokowi – Ma’ruf unggul dengan perolehan suara 53,6 persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News