Survei: 71 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi

Survei: 71 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi
Presiden Joko Widodo saat Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa 2019 di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (2/2). Presiden mengingatkan masyarakat agar menggunakan dana desa tersebut dengan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Survei Vox Populi Research Center menunjukkan bahwa 71,3 persen penduduk mengaku puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Pembangunan infrastruktur yang menjadi program andalan Jokowi menempati peringkat pertama indikator kepuasan, yakni sebesar 77,6 persen.

“Di sisi lain, isu ekonomi seperti lapangan kerja dan harga pangan menjadi indikator paling rendah dalam tingkat kepuasan,” jelas Direktur Riset Vox Populi Research Center Dika Moehamad dalam siaran pers di Jakarta, Senin (25/3). Kepuasan soal lapangan kerja hanya sebesar 48,0 persen dan harga pangan 46,2 persen.

Menurut Dika, sisi lemah Jokowi inilah yang kemudian dimanfaatkan secara efektif oleh kubu oposisi untuk melancarkan kritik. Metafora “tempe setipis ATM” dan “lulusan sarjana hanya jadi ojek online” kerap dilontarkan oleh Prabowo dan pasangan calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno.

“Belakangan Jokowi melemparkan janji baru, meluncurkan tiga kartu sakti baru, di antaranya adalah kartu prakerja dan kartu sembako murah,” lanjut Dika.

Kartu-kartu baru ini tampaknya jawaban yang diberikan terhadap kritik oposisi dan ketidakpuasan publik atas problem lapangan kerja dan naik-turunnya harga pangan.

BACA JUGA: Survei: PDIP dan Gerindra Menang Banyak, Golkar dan Demokrat Turun

Indikator kepuasan lain yang relatif tinggi adalah dalam hal pemberantasan korupsi (76,2 persen), hubungan internasional (72,4 persen), dan penegakan hukum (71,7 persen). “Sedangkan tiga isu lain ada pada tingkat moderat, yaitu pendidikan (71,2 persen), kesehatan (63,8 persen), dan perlindungan HAM (58,1 persen),” jelas Dika.

“Tingginya kepuasan terhadap kinerja pemerintah terkonversi dalam elektabilitas Jokowi yang jauh mengungguli Prabowo,” tandas Dika.

Survei Vox Populi Research Center menunjukkan bahwa 71,3 persen penduduk mengaku puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News